ANALISIS PENGGUNAAN FLAP BURITAN SPEED BOAT UNTUK MENDAPATKAN TRIM YANG EVEN KEEL

  • Eliza R. de Fretes Universitas Pattimura
Keywords: Trim, speed boat, fin, flap, winglet

Abstract

Pengoperasian Speed boat merupakan hal penting untuk diperhatikan karena apabila kapal memiliki trim pada forude number (Fn) yang besar, maka kapal tersebut mengalami trim buritan sehingga menghalangi pandagan nahkoda, ini merupakan suatu kondisi yang sangat kritis atau mudah megalami kecelakaan. Penelitian yang dilakukan oleh de Fretes (2020) dan Ari (2021) menempatkan Fin atau winglet buritan di bagian belakang kapal, sedangkan posisi tersebut sangat berpengaruh pada pengoperasian mesin dimana olah gerak mesin dibatasi oleh kedudukan Fin tersebut. Salah satu solusi adalah menggantikan Fin oleh Flap yang letaknya di depan mesin outboard dari speed boat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengtahui berapa besar pengaruh pemasangan Flap buritan speed boat di depan mesin terhadap sudut trim yang ideal pasca pemasangan Flap pada buritan kapal dengan kecepatan kapal yang berbeda. Untuk menganalisis melakukan pengujian model kapal di laboratorium towing tank dengan cara membandingkan model kapal sebelum menggunakan Flap dan sesudah penggunaan Flap di mana variasi sudut Flap 0°-16°. Hasil yang diperoleh dari sembilan variasi sudut yaitu (0, 2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, dan 16)  terhadap 5 variasi fn kapal menampilkan bahwa ketika Fn <0.6 trim yang terjadi pada kapal tidak terlalu besar dan pada sudut 12 derajat adalah sudut yang mampu membuat kapal berada diposisi even kell, sebaliknya di Fn >0.5 sudut trim buritan yang menentukan posisi even kell berada di 8 derajat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] De Fretes E.R, Juli 2020 “Analisa Parametrik Penempatan Fin Buritan Pada Speed Boat di Maluku” ALE Proceeding 3: 1-6, DOI : 10.30598/Ale.3.2020. 1-6, Ambon
[2] Manik P, Rindo G, Yudo H., Sinaga E.E, 2021 “Analysis Of effect of Addition of stern flaps on the performance 0f 60 m fast boat”, IOP Conference Series : Material Science and Engineering, Volume 1034 (iComera 2020), Malang, Indonesia, IOP 10.1088/1757-899X/1034/1/012032
[3] Irfan Syarif Arief et al., 2010 “ Analisa Pengaruh Cekungan Yang Diterapkan Pada Plat Datar terhadap Aliran Fluida Untuk Mendukung Teknologi Maritim Pendekatan CFD” Jurusan Teknik Sistem Perkapalan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
[4] Savitsky D, Brown P.W., 1976 “Procedure of Hydrodynamic Evaluation Of Planing Hull In Smooth and Rought Water”, Marine Technology, Vol 13, No 4, Oct 1976, pp 381-400
[5] Tuncer A, Tayar G. T., and Unsan Y. 2016,” Interceptor Design And Control For The High Speed Craft”, GiDB DERGi Sayı 7
[6] Munson B.R., Young D. F., Okiishi T. H., 2003 “Fundamentals of Fluid Mechanics, Jhon Wiley & Sons, inc.
[7] Sukoco., 2015“ Upaya Peningkatan Gaya Angkat Pada Model Airfoil Dengan Menggunakan Vortex Generator”, Jurnal Teknik Vol. 5 No. 2 /Oktober, ISSN 2088 – 3676
[8] Muchammad., 2006 “Perhitungan Gaya Drag Pada Benda Uji Pelat Persegi Datar Menggunakan Low Speed Wind Tunnel” Momentum, Vol. 2, No. 1, April 2006 : 15 – 25
[9] Anuar Bin Bero, May 2009 “Performance Prediction For High Speed Craft” A dissertation submitted in partial fulfillment of the requirements for the award of the degree of Master of Engineering (Marine Technology), Faculty of Mechanical Engineering Universiti Teknologi Malaysia
[10] Pangestu G.B., Chrismianto D., Rindo G, 2021 “Analisa Pengaruh Penambahan Integrated Stern Wedge-Flap terhadap Habatan Kapal dengan menggunakan metode CFD”, Jurnal Teknik Perkapalan, Volume 9 no 2, pp 199-205, Universitas Dipoegoro, Semarang
[11] Savitsky D, 1964 ” Hydrodynamic Design Of Planing Hull”, Marine Technology, Vol I, No 1, pp 71-95, October
Published
2023-10-31
How to Cite
de Fretes, E. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN FLAP BURITAN SPEED BOAT UNTUK MENDAPATKAN TRIM YANG EVEN KEEL. ALE Proceeding, 6, 110-114. https://doi.org/10.30598/ale.6.2023.110-114