ANALISIS PENGGUNAAN FLAP BURITAN SPEED BOAT UNTUK MENDAPATKAN TRIM YANG EVEN KEEL
Abstract
Pengoperasian Speed boat merupakan hal penting untuk diperhatikan karena apabila kapal memiliki trim pada forude number (Fn) yang besar, maka kapal tersebut mengalami trim buritan sehingga menghalangi pandagan nahkoda, ini merupakan suatu kondisi yang sangat kritis atau mudah megalami kecelakaan. Penelitian yang dilakukan oleh de Fretes (2020) dan Ari (2021) menempatkan Fin atau winglet buritan di bagian belakang kapal, sedangkan posisi tersebut sangat berpengaruh pada pengoperasian mesin dimana olah gerak mesin dibatasi oleh kedudukan Fin tersebut. Salah satu solusi adalah menggantikan Fin oleh Flap yang letaknya di depan mesin outboard dari speed boat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengtahui berapa besar pengaruh pemasangan Flap buritan speed boat di depan mesin terhadap sudut trim yang ideal pasca pemasangan Flap pada buritan kapal dengan kecepatan kapal yang berbeda. Untuk menganalisis melakukan pengujian model kapal di laboratorium towing tank dengan cara membandingkan model kapal sebelum menggunakan Flap dan sesudah penggunaan Flap di mana variasi sudut Flap 0°-16°. Hasil yang diperoleh dari sembilan variasi sudut yaitu (0, 2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, dan 16) terhadap 5 variasi fn kapal menampilkan bahwa ketika Fn <0.6 trim yang terjadi pada kapal tidak terlalu besar dan pada sudut 12 derajat adalah sudut yang mampu membuat kapal berada diposisi even kell, sebaliknya di Fn >0.5 sudut trim buritan yang menentukan posisi even kell berada di 8 derajat.
Downloads
References
[2] Manik P, Rindo G, Yudo H., Sinaga E.E, 2021 “Analysis Of effect of Addition of stern flaps on the performance 0f 60 m fast boat”, IOP Conference Series : Material Science and Engineering, Volume 1034 (iComera 2020), Malang, Indonesia, IOP 10.1088/1757-899X/1034/1/012032
[3] Irfan Syarif Arief et al., 2010 “ Analisa Pengaruh Cekungan Yang Diterapkan Pada Plat Datar terhadap Aliran Fluida Untuk Mendukung Teknologi Maritim Pendekatan CFD” Jurusan Teknik Sistem Perkapalan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
[4] Savitsky D, Brown P.W., 1976 “Procedure of Hydrodynamic Evaluation Of Planing Hull In Smooth and Rought Water”, Marine Technology, Vol 13, No 4, Oct 1976, pp 381-400
[5] Tuncer A, Tayar G. T., and Unsan Y. 2016,” Interceptor Design And Control For The High Speed Craft”, GiDB DERGi Sayı 7
[6] Munson B.R., Young D. F., Okiishi T. H., 2003 “Fundamentals of Fluid Mechanics, Jhon Wiley & Sons, inc.
[7] Sukoco., 2015“ Upaya Peningkatan Gaya Angkat Pada Model Airfoil Dengan Menggunakan Vortex Generator”, Jurnal Teknik Vol. 5 No. 2 /Oktober, ISSN 2088 – 3676
[8] Muchammad., 2006 “Perhitungan Gaya Drag Pada Benda Uji Pelat Persegi Datar Menggunakan Low Speed Wind Tunnel” Momentum, Vol. 2, No. 1, April 2006 : 15 – 25
[9] Anuar Bin Bero, May 2009 “Performance Prediction For High Speed Craft” A dissertation submitted in partial fulfillment of the requirements for the award of the degree of Master of Engineering (Marine Technology), Faculty of Mechanical Engineering Universiti Teknologi Malaysia
[10] Pangestu G.B., Chrismianto D., Rindo G, 2021 “Analisa Pengaruh Penambahan Integrated Stern Wedge-Flap terhadap Habatan Kapal dengan menggunakan metode CFD”, Jurnal Teknik Perkapalan, Volume 9 no 2, pp 199-205, Universitas Dipoegoro, Semarang
[11] Savitsky D, 1964 ” Hydrodynamic Design Of Planing Hull”, Marine Technology, Vol I, No 1, pp 71-95, October
Copyright (c) 2023 Eliza R. de Fretes
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the ALE Proceeding agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants ALE Proceeding the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.