ANALISIS PERHITUNGAN BALLAST MATI PADA KAPAL KN. KALAWAI
Abstract
Pada tahun 2012 kapal KN. KALAWAIterbalik saat peluncuran sehingga pihak galangan menambahkan ballast mati , tetapi belum memasukkan mesin induk dan perlengkapannya. Seterusnya berdasarkan informasi dari ABK kapal sewaktu selesai reparasi di Dok pacific ambon, saat peluncuran kapal mengalami kemiringan sebesar 13° ke arah kiri kapal (sudah ditambahkan mesin induk). Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menstabilkan kapal dengan cara penambahan ballast mati, supaya mereduksi kemiringan tersebut. Dengan memperhatikan kriteria dari IMO mengenai stabilitas kapal. Penelitian ini menggunakan metode komputasi dengan memvariasikan loadcase dan menggunakan metode trial and error untuk mendapatkan posisi stabilitas TCG sama dengan nol, sehingga kapal memenuhi standart stabilitas. Hasil yang diperoleh dari perhitungan penambahan ballast mati di tangki lain yang kosong dengan berat 16,530 Ton pada posisi water ballast tank 1 starboard (W.B.T.1.S) dari jarak AP 22 m, sehingga kriteria yang dipakai pada semua kondisi stabilitasnya memenuhi kriteria dari IMO, dengan penambahan ballast mati maka kapal berada pada posisi tegak sempurna.
Downloads
References
Arif M.S., Hesti A.K, Misbah M.N, 2016, “Analisis Teknis Dan Ekonomis Pemilihan Manajemen Air Ballast Pada Kapal (ship ballast water management) Di Indonesia, Jurnal Ilmu Pengatahuan dan teknologi Kelautan, Vol 13 No 3, DOI: https://doi.org/10.14710/kpl.v13i3.12351, Universitas Diponegoro
Basuki,Juli 2020, “model pengolahan air ballast kapal akibat deballasting di pelabuhan teluk lamong berbasis risiko”.Proceding Seminar Teknologoi Kebumian dan Kelautan (SEMITAN), ITS, Surabaya, vol.2 No.1
Yulianti M. L, Mulianto I.P, Santosa A.W.B, 2017, “Analisis Stabilitas Kapal Perintis 500 DWT Setelah Penambahan Variasi Posisi Sudut dan Lebar Bilga Keel”, Jurnal Teknik Perkapalan, Vol5 No 4, Dec. 2017. Universitas Diponegoro, .
Saputra et al., 2017,” Analisis pengaruh Beban Terhadap Stabilitas Statis Kapal Patroli 28 Meter Untuk Pengawasan Perairan di Kepulauan Riau” Journal Integrasi, Politeknik Negeri Batam, Vol 9 No 2.
Ichsan L.M., Parokah D, 2013, “Kriteria Stabilitas Kapal Yang Beroperasi Di Perairan Indonesia” Celebes Ocean Science and Engineering Seminar (COSES), Makasar
Muhammad R.A, Wahidin A., Nugroho P.N.A, 2021 ”kajian pengaruh penambahan ballast tetap pada kapal tugboat 16 m” Jurnal teknologi Maritim, DOI : 10.33863/jtm.v4i1.1815
Novita P, Martiyani N, Ariyani R. E., 2014, “Kualitas Stabilitas Kapal Payang Palabuhanratu Berdasarkan Distribusi Muatan” Jurnal IPTEKS. PSP, Vol 1 pp 28-39., ISSN: 2355-729X
Risky, Usman A.L., 2021“Penggunaan ballast untuk stabilitas setelah bongkar muat di mv. meratus medaN”, Skripsi, Politenik Negeri Medan.
Tumpal & Sinaga, 2017, “Kajian Analisis Teori Pengaruh Ballast Terhadap Gerakan Pitch Pada Kapal Selam Mini 22M” Prosiding, Seminar Nasional sains dan teknologi, Fakultas Teknik Universitas Muhamadiah, Jakarta ISSN 2407-1846, e-ISSN 2460-8416.
Copyright (c) 2023 Stephen H. Hutagalung, Eliza R. de Fretes, Fella Gaspersz
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the ALE Proceeding agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants ALE Proceeding the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.