ANALISIS INSUBMERSIBILITAS KAPAL RAKYAT: TINJAUAN KASUS PADA KM. SAFIRA
Abstract
Ruang dalam lambung kapal KM. Safira tidak memiliki Sekat Kedap Air (SKA) melintang. Apabila kapal ini mengalami kebocoran maka kapal akan tenggelam akibat air yang masuk akan menggenangi seluruh lambung dan menambah berat kapal dan mendesak keluar udara sebagai sumber daya apung. Kondisi ini menyebabkan kapal kehilangan insubmersibilitas, kemampuan bertahan pada permukaan air ketika satu atau beberapa kompartemen bocor dan kemasukan air, sebelum akhirnya tenggelam. Solusi atas permasalahan terhadap KM. Safira, yakni dengan cara menerapkan SKA melintang disepanjang kapal. Penelitian ini bertujuan menentukan letak SKA melintang pada KM. Safira menggunakan metode Krylov. Lengan kebocoran (ℓi) melibatkan koefisien permeabilitas (μ) yang memenuhi persyaratan (ℓmax < μ). Perhitungan yang dilakukan untuk memenuhi persyaratan kedudukan SKA antara lain yaitu : menghitung luas penampang melintang, menghitung Bonjean serta menentukan garis margin, menghitung volume kebocoran (vi), menghitung volume momen statis pada tinggi sarat maksimum, menghitung integra volume, menggambar kurva panjang lengan kebocoran, menghitung koefisien permeabilitas (μ), menentukan SKA melintang. Hasil penelitian menunjukan ada lima SKA melintang yang harus diaplikasikan pada KM. Safira, antara lain; SKA 01 = 1.30 m, SKA 02 = 5.49 m, SKA 03 = 11.38 m, SKA 04 = 17.25 m, SKA 05 = 21.94 m diukur dari Fore Perpendicular (FP).
Downloads
References
‘Ada 40 Kecelakaan Kapal Laut di Sultra Sepanjang 2020’, ZonaSultra, Dec. 31, 2020. Accessed: Oct. 27, 2023. [Online]. Available: https://zonasultra.id/ada-40-kecelakaan-kapal-laut-di-sultra-sepanjang-2020.html
‘Tahun 2021 Total 56 Kecelakaan Kapal Terjadi di Sultra : 17 Orang Tewas, Perairan Buton Terbanyak’, Lajur.Co, Dec. 30, 2021. Accessed: Oct. 27, 2023. [Online]. Available: https://www.lajur.co/tahun-2021-total-56-kecelakaan-kapal-terjadi-di-sultra-17-orang-tewas-perairan-buton-terbanyak/
R. H. Siahainenia, ‘Desain Teknologi Anti Tenggelam Pada kapal Rakyat’. Fakultas Teknik Unpatti Ambon, 2018.
B. Bhattacharya, R. Basu, and S. Srinivasan, ‘A Probabilistic Model of Flooding Loads on Transverse Watertight Bulkheads in the Event of Hull Damage’, Journal of Ship Research, vol. 49, no. 01, pp. 12–23, Mar. 2005, doi: 10.5957/jsr.2005.49.1.12.
I. Senjanović, S. Tomašević, S. Rudan, and T. Senjanović, ‘Role of transverse bulkheads in hull stiffness of large container ships’, Engineering Structures, vol. 30, no. 9, pp. 2492–2509, Sep. 2008, doi: 10.1016/j.engstruct.2008.01.016.
Semyonov, Static And Dinamic Of The Ship. Moscow: Peace Publishers Moscow, 1960.
Biro Klasifikasi Indonesia, ‘Pedoman Lambung Edisi 2016’. BKI, 2016.
Copyright (c) 2023 A. M. A. Daeng Parany, Reico H. Siahainenia, Debby R. Lekatompessy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the ALE Proceeding agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants ALE Proceeding the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.