STRATEGI BERSAING KOMUNITAS RUMAH FILM WALANG KREATIF
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan Strategi Bersaing bagi komunitas Rumah Film Walang Kreatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 33 dari 50 populasi yang menggunakan rumus slovin. Sementara itu metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil penelitian menjukkan bahwa Perhitungan bobot faktor internal Rumah Film Walang Kreatif diperoleh hasil dimana kekuatan utama dari Rumah Film Walang Kreatif adalah memiliki peralatan produksi yang update, variasi Produk yang beragam, dan Kualitas SDM yang dimiliki. Untuk faktor internal kelemahan, didapatkan hasil perhitungan bobot terkecil pada faktor kurangnya promosi dan iklan. Perhitungan nilai rating yang diperoleh dari faktor internal variabel kekuatan yaitu memiliki peralatan produksi yang update ,Variasi Produk yang beragam, dan Kualitas SDM yang dimiliki. Ketiga faktor tersebut memiliki nilai rating yang sama, dan disusul oleh Harga Produk. Sementara, untuk faktor internal variabel kelemahan kurangnya promosi dan iklan merupakan faktor dengan nilai rating terkecil yang faktor tersebut merupakan kelemahan utama yang dimiliki oleh Rumah Film Walang Kreatif.
Downloads
References
M. Saprijal, ‘Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada S-mart Swalayan Pasir Pengaraian)’, Cano Ekonomos, vol. 3, no. 1, pp. 41–56, 2014.
E. C. Rismiati and B. Suratno, Pemasaran barang dan jasa. Yogyakarta: Kanisius, 2001. Accessed: Nov. 11, 2023. [Online]. Available: https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=281237
T. L. Wheelen, J. D. Hunger, A. N. Hoffman, and C. Bamford, Concepts in Strategic Management and Business Policy, 14th edition. Boston: Pearson, 2014.
A. Wilcox King and C. P. Zeithaml, ‘Measuring organizational knowledge: a conceptual and methodological framework’, Strategic Management Journal, vol. 24, no. 8, pp. 763–772, Aug. 2003, doi: 10.1002/smj.333.
F. Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2009.
R. A. de FRETES, P. B. Santoso, R. Soenoko, and M. Astuti, ‘Strategi Perencanaan dan Pengembangan Industri Pariwisata dengan Menggunakan Metode SWOT dan QSPM (Studi Kasus Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon)’, Jurnal Rekayasa Mesin, vol. 4, no. 2, pp. 109–118, 2013.
A. L. Kakerissa, H. D. Hahury, and F. H. Louhenapessy, ‘STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA RUMAHTANGGA BERBASIS SUMBER DAYA LOKAL PERKEBUNAN DI DAERAH KEPULAUAN’, ALE Proceeding, vol. 5, pp. 59–68, Oct. 2022, doi: 10.30598/ale.5.2022.59-68.
Copyright (c) 2023 Aditya Hardianto Muin, Ariviana L. Kakerissa, Alfredo Tutuhatunewa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the ALE Proceeding agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants ALE Proceeding the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.