STRATEGI BERSAING KOMUNITAS RUMAH FILM WALANG KREATIF

  • Aditya Hardianto Muin Universitas Pattimura
  • Ariviana L. Kakerissa Universitas Pattimura
  • Alfredo Tutuhatunewa Universitas Pattimura
Keywords: SWOT, Rumah film walang kreatif, strategi bersaing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan Strategi Bersaing bagi komunitas Rumah Film Walang Kreatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 33 dari 50 populasi yang menggunakan rumus slovin. Sementara itu metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil penelitian menjukkan bahwa Perhitungan bobot faktor internal Rumah Film Walang Kreatif diperoleh hasil dimana kekuatan utama dari Rumah Film Walang Kreatif adalah memiliki peralatan produksi yang update, variasi Produk yang beragam, dan Kualitas SDM yang dimiliki. Untuk faktor internal kelemahan, didapatkan hasil perhitungan bobot terkecil pada faktor kurangnya promosi dan iklan. Perhitungan nilai rating yang diperoleh dari faktor internal variabel kekuatan yaitu memiliki peralatan produksi yang update ,Variasi Produk yang beragam, dan Kualitas SDM yang dimiliki. Ketiga faktor tersebut memiliki nilai rating yang sama, dan disusul oleh Harga Produk. Sementara, untuk faktor internal variabel kelemahan kurangnya promosi dan iklan merupakan faktor dengan nilai rating terkecil yang faktor tersebut merupakan kelemahan utama yang dimiliki oleh Rumah Film Walang Kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Saprijal, ‘Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada S-mart Swalayan Pasir Pengaraian)’, Cano Ekonomos, vol. 3, no. 1, pp. 41–56, 2014.

E. C. Rismiati and B. Suratno, Pemasaran barang dan jasa. Yogyakarta: Kanisius, 2001. Accessed: Nov. 11, 2023. [Online]. Available: https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=281237

T. L. Wheelen, J. D. Hunger, A. N. Hoffman, and C. Bamford, Concepts in Strategic Management and Business Policy, 14th edition. Boston: Pearson, 2014.

A. Wilcox King and C. P. Zeithaml, ‘Measuring organizational knowledge: a conceptual and methodological framework’, Strategic Management Journal, vol. 24, no. 8, pp. 763–772, Aug. 2003, doi: 10.1002/smj.333.

F. Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2009.

R. A. de FRETES, P. B. Santoso, R. Soenoko, and M. Astuti, ‘Strategi Perencanaan dan Pengembangan Industri Pariwisata dengan Menggunakan Metode SWOT dan QSPM (Studi Kasus Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon)’, Jurnal Rekayasa Mesin, vol. 4, no. 2, pp. 109–118, 2013.

A. L. Kakerissa, H. D. Hahury, and F. H. Louhenapessy, ‘STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA RUMAHTANGGA BERBASIS SUMBER DAYA LOKAL PERKEBUNAN DI DAERAH KEPULAUAN’, ALE Proceeding, vol. 5, pp. 59–68, Oct. 2022, doi: 10.30598/ale.5.2022.59-68.

Published
2023-10-31
How to Cite
Muin, A., Kakerissa, A., & Tutuhatunewa, A. (2023). STRATEGI BERSAING KOMUNITAS RUMAH FILM WALANG KREATIF. ALE Proceeding, 6, 145-149. https://doi.org/10.30598/ale.6.2023.145-149