PENGARUH BIAYA KOMPONEN NONTEKNIS TERHADAP BIAYA LOGISTIK PELABUHAN WILAYAH KEPULAUAN
Abstract
Tingginya biaya logistik di pelabuhan wilayah kepulauan merupakan permasalahan transportasi laut yang hingga saat ini masih sulit untuk diselesaikan, berangkat dari hal ini biaya container perlu dievaluasi. Kajian ini bertujuan mengevaluasi komponen pembiayaan nonteknis yang mempengaruhi biaya logistik di sektor transportasi laut khususnya untuk kegiatan kepelabuhanan. Dengan studi komparatif yang dilakukan guna memahami perilaku tarif biaya nonteknis dan dengan metode Multi Attribute Decision Making (MADM) ditemukan biaya tenaga kerja bongkar muat (TKBM) dan biaya pengamanan container yang dikirim keluar pelabuhan cukup tinggi mencapai 21,84% sehingga berdampak terhadap efisiensi dan multiplayer efek terhadap kinerja pelabuhan dan pertumbuhan ekonomi wilayah hinterland.
Downloads
References
M. Tukan, (2017), Transportasi Kepulauan Dalam mendukung Tol Laut, Polimedia Publishing, Jagakarsa Indonesia, ISBN978-602-6372-11-6, p20
I. T. Yunianto et..al. (2019), Multiport Routes Optimization Model of Toll Laut Network in an Archipelagic State: Case Study of Route Evaluation in Moluccas and Southern Papua/Jurnal Penelitian Transportasi Laut 21 p83-95
D. H. Priatno, Samudro, (2010), Konsep Kapal Pengumpan Reguler untuk Mendukung Angkutan Laut Perintis di Wilayah Pulau-Pulau Terpencil, Jurnal Wave, UPT. BPPH – BPPT Vol. 4, no.1 p14.
Noor Mahmudah, Danang Parikesit, Siti Malkhamah, Sigit Priyanto (2011), Pengembangan Metodologi Perencanaan Transportasi Barang Regional, Jurnal Transportasi Vol. 11 No. 3 Desember 2011 : 173-182.
Marcus Tukan, (2013), Pengembangan Pelabuhan Berbasis Model Ekonomi Wilayah Kepulauam, Disertasi Doktor Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Romeiza Syafriharti (2012) Kajian Teknologi Kapal dan Pola Pelayanan Pelayaran-rakyat sebagai Masukan untuk Pemberdayaan melalui Peningkatan Kualitas Pelayanan, Vol 2 No 2 Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI) p-ISSN: 2088-2270, e-ISSN: 2655-6839 61-67).
Marcus Tukan, (2015), Seaport Dimensional Analysis Economic Growth In Archipelagic Regions, Internasional Journal of Technology (IJTech) terindex SCOPUS, Volume 6 Issue 3.
Button, K.J, (1982), Transport Economics, London, Heinemann Educational Book ltd p245
Todaro, Michael P, (2006), Economic Development, Seventh Edition, New York, Addition Wesley Longman, Inc.
Safuan, Budiandru, Budiandru, Modus Kecurangan & Program Anti Kecurangan di Pelabuhan (Studi Kasus Pelabuhan di Jakarta). Modus Kecurangan & Program Anti Kecurangan di Pelabuhan (Studi Kasus Pelabuhan di Jakarta), 3 (2). pp. 1-12. ISSN 2548-9224 https://doi.org/10.33395/owner.v3i2.131
M. Tukan, Hozairi, P. Th. Berhitu, (2023), Transportasi Kepulauan Berbasis Ruang Untuk Mendukung Tol Laut, Widina Bakti, Bandung, ISBN 978-623-459-405-8 cetakan I, p1, p123.
Zaini Miftach, Putu Pasek, (2018), Analysis of Port Costs and Loading and Unloading Costs on Income PT. Abdi Nusantara Indonesia Line Branch of Gresik), Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan, Volume 9, Nomer 1, p.53.
Copyright (c) 2023 Marcus Tukan, Hozairi Hozairi, Roland Koswara, Billy J Camerling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the ALE Proceeding agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants ALE Proceeding the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.