PENGARUH BIAYA KOMPONEN NONTEKNIS TERHADAP BIAYA LOGISTIK PELABUHAN WILAYAH KEPULAUAN

  • Marcus Tukan Universitas Pattimura
  • Hozairi Hozairi Universitas Islam Madura
  • Roland Koswara PT Pelindo
  • Billy J Camerling Universitas Pattimura
Keywords: Biaya, logistik, kontainer

Abstract

Tingginya biaya logistik di pelabuhan wilayah kepulauan merupakan permasalahan transportasi laut yang hingga saat ini masih sulit untuk diselesaikan, berangkat dari hal ini biaya container perlu dievaluasi. Kajian ini bertujuan mengevaluasi komponen pembiayaan nonteknis yang mempengaruhi biaya logistik di sektor transportasi laut khususnya untuk kegiatan kepelabuhanan. Dengan studi komparatif yang dilakukan guna memahami perilaku tarif biaya nonteknis dan dengan metode Multi Attribute Decision Making (MADM) ditemukan biaya tenaga kerja bongkar muat (TKBM) dan biaya pengamanan container yang dikirim keluar pelabuhan cukup tinggi mencapai 21,84% sehingga berdampak terhadap efisiensi dan multiplayer efek terhadap kinerja pelabuhan dan pertumbuhan ekonomi wilayah hinterland.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Tukan, (2017), Transportasi Kepulauan Dalam mendukung Tol Laut, Polimedia Publishing, Jagakarsa Indonesia, ISBN978-602-6372-11-6, p20

I. T. Yunianto et..al. (2019), Multiport Routes Optimization Model of Toll Laut Network in an Archipelagic State: Case Study of Route Evaluation in Moluccas and Southern Papua/Jurnal Penelitian Transportasi Laut 21 p83-95

D. H. Priatno, Samudro, (2010), Konsep Kapal Pengumpan Reguler untuk Mendukung Angkutan Laut Perintis di Wilayah Pulau-Pulau Terpencil, Jurnal Wave, UPT. BPPH – BPPT Vol. 4, no.1 p14.

Noor Mahmudah, Danang Parikesit, Siti Malkhamah, Sigit Priyanto (2011), Pengembangan Metodologi Perencanaan Transportasi Barang Regional, Jurnal Transportasi Vol. 11 No. 3 Desember 2011 : 173-182.

Marcus Tukan, (2013), Pengembangan Pelabuhan Berbasis Model Ekonomi Wilayah Kepulauam, Disertasi Doktor Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Romeiza Syafriharti (2012) Kajian Teknologi Kapal dan Pola Pelayanan Pelayaran-rakyat sebagai Masukan untuk Pemberdayaan melalui Peningkatan Kualitas Pelayanan, Vol 2 No 2 Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI) p-ISSN: 2088-2270, e-ISSN: 2655-6839 61-67).

Marcus Tukan, (2015), Seaport Dimensional Analysis Economic Growth In Archipelagic Regions, Internasional Journal of Technology (IJTech) terindex SCOPUS, Volume 6 Issue 3.

Button, K.J, (1982), Transport Economics, London, Heinemann Educational Book ltd p245

Todaro, Michael P, (2006), Economic Development, Seventh Edition, New York, Addition Wesley Longman, Inc.

Safuan, Budiandru, Budiandru, Modus Kecurangan & Program Anti Kecurangan di Pelabuhan (Studi Kasus Pelabuhan di Jakarta). Modus Kecurangan & Program Anti Kecurangan di Pelabuhan (Studi Kasus Pelabuhan di Jakarta), 3 (2). pp. 1-12. ISSN 2548-9224 https://doi.org/10.33395/owner.v3i2.131

M. Tukan, Hozairi, P. Th. Berhitu, (2023), Transportasi Kepulauan Berbasis Ruang Untuk Mendukung Tol Laut, Widina Bakti, Bandung, ISBN 978-623-459-405-8 cetakan I, p1, p123.

Zaini Miftach, Putu Pasek, (2018), Analysis of Port Costs and Loading and Unloading Costs on Income PT. Abdi Nusantara Indonesia Line Branch of Gresik), Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan, Volume 9, Nomer 1, p.53.

Published
2023-10-31
How to Cite
Tukan, M., Hozairi, H., Koswara, R., & Camerling, B. (2023). PENGARUH BIAYA KOMPONEN NONTEKNIS TERHADAP BIAYA LOGISTIK PELABUHAN WILAYAH KEPULAUAN. ALE Proceeding, 6, 162-166. https://doi.org/10.30598/ale.6.2023.162-166