STUDI PENGARUH SACRIFICIAL ANODE PADA KAPAL TERHADAP LAJU KOROSI
Abstract
Hal terpenting dalam proses perawatan kapal adalah pemeliharaan lambung kapal baja terutama pada bagian permukaan basah kapal mengalami proses korosi sangat cepat dibandingkan bagian yang lain. Penggunaan sacrificial anoda, satu di antaranya zink anoda, merupakan salah satu cara untuk mengurangi laju korosi. Berat zink anoda memegang peranan penting untuk mengetahui berapa jumlah sacrificial anoda yang harus dipasang pada bagian permukaan basah kapal dalam menahan laju korosi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh berat zink anoda terhadap laju korosi. Diperlukan data berat zink anoda yang terpasang pada kapal dan dan berat zink anoda hasil perhitungan secara teoritis. Analisis hasil perhitungan berdasarkan pemilihan zink anoda yang sesuai dengan kebutuhan dan juga dengan melihat berat zink anoda yang dapat menekan laju korosi. Hasil penelitian ini, dari grafik terlihat kapal pertama pada tahun ke-3 sampai tahun ke-5 ada penambahan berat zink anoda sebesar 64,365 kg, laju korosi menurun hingga mencapai 0.0339 mm/tahun pada tahun ke-4 dan ke-5. Kapal kedua, tahun ke-1 hingga tahun ke-5 tidak ada penambahan zink anoda, laju korosi meningkat hingga tahun ke-5 mencapai 0.0706 mm//tahun. Kapal ketiga, jumlah berat zink anoda terpasang tahun ke-1 hingga tahun ke-5 sangat kurang jumlahnya sebesar 32.472 kg, laju korosi terbesar pada tahun ke-2 sebesar 0.2523 mm/tahun
Downloads
References
Atras, M. H. A., Budiarto, U., Manik, P., (2024). Analisis Pengaruh Coating Polyurethane dan Elektroplating Zink terhadap Laju Korosi Baja A36 Jurnal Teknik Perkapalan 12, https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/48626
Mahendra, T. I., Dwisetiono, D., (2022). Proteksi Katodik Menggunakan Zinc Anode Untuk Menghambat Korosi Pada Lambung Kapal Port Link Vii Jakarta. Zona Laut 3, https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1757-899X/494/1/012086#references,
Chao W., George W., Marcus C., David L. O. and Stephen L.., Handbook of Environmental Degradation of Materials (Third Edition) Corrosion Protection of Ships pp. 533-557, https://doi.org/10.1016/B978-0-323-52472-8.00026-5, (2018)
Urbahs, A., Savkovs, K., Rijkuris, G., &
Andrejeva, D.,. (2018). Corrosion and
Wear Analysis in Marine Transport
Constructions. Transport and Aerospace
Engineering.6 5-14. 10.1515/tae-2018-0001
Lekatompessy, S. T. A., (2023). The wear
rate of zinc anode on surface underwater
of ships in reducing corrosion rate AIP
Conf. Proc. AIP Publishing 2588
https://doi.org/10.1063/5.0111844
Smithers, G. W. (2022). Corrosion
Academic Press 231-238 https://doi.org/10.1016/B978-0-12-818766-1.00375-5
Park, I. C., Kim S. J., (2020). Determination of Corrosion protection curent density requirement of zinc sacrificial anode for corrosion protection of AA5083 H321 in seawater.Elsevier 509 https://doi.org/10.1016/j.apsusc.2020.14534
Sonja T. A. L. and Richard L.(2021). AIP Conference Proceedings 2360, Analysis of the Effect of Protection System Installation Cathode and Sacrificial Anode (Zn) on Corrosion Rate of Steel Vessels, https://doi.org/10.1063/5.0059554
Hussain, C. M., Verma C, Aslam, J.,
Aslam, R., Zehra, S. (2023). Corrosion
protective coatings Elsevier 21 283-321 https://doi.org/10.1016/B978-0-323-95185-2.00021-6 .
Gong, C., Frangopol, M., and Cheng M. (2020). Risk based decision making on corrosion delay for ship hull tankers. Engineering Structures. 212 https://doi.org/10.1016/j.engstruct.2020.110455
Trethewey, K. R., (1993) Korosi untuk
Mahasiswa dan Rekayasawan. Penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Copyright (c) 2025 Sonja T A Lekatompessy, O Metekohy, Mansye Ronald Ayal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the ALE Proceeding agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants ALE Proceeding the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.