PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN KAKU PADA RUAS JALAN DR. SIWABESSY BERDASARKAN MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN TAHUN 2024
Abstract
Jalan merupakan infrastruktur utama dalam pengembangan wilayah yang mendukung aktivitas ekonomi, sosial, dan mobilitas masyarakat. Jalan Dr. Siwabessy yang berlokasi di depan PDAM merupakan salah satu jalan utama dengan peran strategis dalam mendukung arus lalu lintas serta mobilitas penduduk di Kota Ambon. Dalam beberapa tahun terakhir, perkerasan lentur pada jalan tersebut mengalami kerusakan berupa retakan, lubang, dan deformasi yang disebabkan oleh ketidakmampuan menahan beban kendaraan berat dan kondisi cuaca ekstrem dan adanya tempat pengisian air disamping jalan yang mengakibatkan jalan sering terendam air. Kondisi ini menimbulkan keluhan masyarakat dan mengganggu kelancaran arus lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan tebal perkerasan kaku yang optimal sebagai alternatif pengganti perkerasan lentur dengan menggunakan Manual Desain Perkerasan Jalan Tahun 2024. Data primer yang diperoleh yaitu data lalu lintas harian rata-rata (LHR) dan pengujian Dynamic Cone Penetrometer (DCP) untuk mendapatkan nilai California Bearing Ratio (CBR). Analisis dilakukan untuk menentukan ketebalan perkerasan optimal dengan mempertimbangkan faktor kondisi tanah dasar, beban lalu lintas, serta spesifikasi material yang digunakan dengan umur rencana 40 Tahun Hasil penelitian. Diperoleh nilai CBR sebesar 3,07%, sehingga memerlukan perbaikan tanah dasar setebal 400 mm. untuk mencapai CBR desain 10%, Jumlah Sumbu Kendaraan Niaga (JSKN) untuk umur rencana 40 tahun sebesar 18.007.796, sehingga diperoleh tebal yaitu: Tebal beton semen 250 mm, Lapis fondasi beton kurus 150 mm, Lapis Drainase Agregat kelas A 200 mm dan Timbunan pilihan berbutir kasar 200 mm.
Downloads
References
[2] Kirom, I., & Siswoyo, S. (2020). Perencanaan Jalan Soekarno Hatta Pasuruan Dengan Sistem Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Dan Rencana Anggaran Biaya. Axial : Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Konstruksi, 8(1), 69. https://doi.org/10.30742/axial.v8i1.1028
[3] Kosim, K., Fikri, J., Indra, S., Amalia, K. R., Sari, I. P., & Prasetya, Y. (2022). Design of Geometric and Rigid Pavement Thickness on Jalan Lingkar Barat Sp. Sports Center - Bukit Sulap STA 0+100 - STA 7+583 Lubuklinggau City, South Sumatera Province. Proceedings of the 5th FIRST T1 T2 2021 International Conference (FIRST-T1-T2 2021), 9, 19–25. https://doi.org/10.2991/ahe.k.220205.004
[4] Kurniawan, R., Mochtar, I. B., & Siagian, F. (2023). Evaluation and Planning of Strong and Durable Roads Due to Overloaded Vehicle (Case Study : The National Road Bts. Kab. Konawe Utara/Kab. Konawe – Pohara). Journal of Infrastructure & Facility Asset Management, 5(1), 19–28. https://doi.org/10.12962/jifam.v5i1.20528Prentice-Hall, New Jersey, 1992.
[5] Letsoin, M. T., Hamkah, & Lewakabessy, G. (2019). Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Menggunakan MetodeBina Marga 2017 Pada Ruas Jalan Pantai Mardika Ambon. Live and Applied Science, 2(September 2022), 2964–772
[6] Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). Rencana Pengkerasan Jalan. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3)
[7] Syah, A., Abdillah, N., & Abrar, A. (2023). Perencanaan Telab Sruktur Perkerasan Kaku Pada Subgrade Yang Berdaya Dukung Rendah Studi Kasus Jl Gaharu, Basilam Baru Kota Dumai. SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil, 2(1), 9–18.
Copyright (c) 2025 Christini Lawalata, Juliet G Metekohy, Febrino Wangean

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the ALE Proceeding agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants ALE Proceeding the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.