PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN KAKU DENGAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2024 PADA RUAS JALAN R. SUPRAPTO, RUMAH TIGA, KOTA AMBON, MALUKU

  • Erdyd S. Bakarbessy
  • Juliet G Metekohy
  • Febrino Wangean
Keywords: Rigid Pavement, Manual Desain Perkerasan Jalan, LHR, CBR, Infrastruktur Jalan.

Abstract

Jalan merupakan infrastruktur utama dalam pengembangan wilayah yang mendukung aktivitas ekonomi, sosial, dan mobilitas masyarakat. Jalan R. Suprapto di Rumah Tiga, Kota Ambon, Maluku, merupakan salah satu jalan utama yang berperan strategis mendukung arus lalu lintas serta akses menuju Rumah Sakit Dr. J. Leimena. Dalam beberapa tahun terakhir, jalan ini mengalami kerusakan seperti retakan, lubang, dan deformasi akibat ketidakmampuan menahan beban kendaraan serta kondisi cuaca ekstrem. Kondisi ini menyebabkan keluhan masyarakat dan mengganggu kelancaran lalu lintas. Penelitian ini bertujuan merencanakan tebal perkerasan kaku yang optimal sebagai alternatif pengganti perkerasan lentur dengan Manual Desain Perkerasan Jalan Tahun 2024. Data primer yang digunakan meliputi data Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR) dan hasil pengujian Dynamic Cone Penetrometer (DCP) untuk nilai California Bearing Ratio (CBR). Dari hasil analisis, ditemukan bahwa nilai CBR sebesar 13,98%, dengan perkerasan beton semen tebal 180 mm, lapis fondasi beton kurus 100 mm, lapis drainase agregat kelas A 200 mm, serta timbunan pilihan berbutir kasar 200 mm. Perencanaan ini juga mempertimbangkan kondisi tanah dasar, beban lalu lintas, dan spesifikasi material dengan umur rencana 40 tahun. Jumlah Sumbu Kendaraan Niaga (JSKN) untuk umur rencana tersebut mencapai 3.929.943, sehingga jalan lebih tahan lama dan mampu menahan beban lalu lintas yang terus meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Undang-undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan pada Pasal 1. 2004. Jakarta: Sekretariat Negara.
[2] Fikali Maklas, Erizal. 2019. Analisis Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi. Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik Pertanian. Institut Pertanian Bogor
[3] Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan. Pemerintah Republik Indonesia. Jakarta. 43 hlm.
[4] Sukirman. S (1999). Perkerasan Lentur Jalan Raya, Erlangga, Jakarta
[5] Sukirman, S., (1992), Perkerasan Lentur Jalan Raya, Penerbit Nova, Bandung
[6] Lulie, Y. Desain Perkerasan Kaku. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Atma Jaya, 2004.
[7] Aly, M. A, 2004. Teknologi Perkerasan Jalan Beton Semen 2004. Yayasan Pengembang Teknologi dan Manajemen. Jakarta Barat. Jakarta
[8] Hardiyatmo, H.C. 2015. Perancangan perkerasan jalan & penyelidikan tanah, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
[9] Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Marga. (2024). Manual Desain Perkerasan Jalan No. 02/M/BM/2024.
[10] Direktorat Jenderal Cipta Karya. 1971. Peraturan Beton Indonesia 1971. Bandung:Departemen Pekerjaan Umum.
[11] ASTM C33-03. 2002, Standard Specification for Concrete Aggregates. USA: Annual Books of ASTM Standards.
[12] ASTM C39-86. 2002, Standard Test Method for Compressive Strength of Cylindrical Concrete Specimens. USA: Annual Books of ASTM Standards.
[13] Indonesia, Satndar Nasional. (2004). SNI 15-2049-2004 Semen Portland. Badan Standar Nasional Indonesia, 1–128.
[14] Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Dan Pengembangan Research Dan Development. Bandung : Alfabeta.
[15] Pradana Bayu Putra (2021). Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Pada Ruas Jalan Tol Binjai - Langsa (Sta 0+500 – Sta 1+000) (Studi Kasus).
[16] Muhammad Agus Mahardika dan Siswoyo (2024). Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Untuk Peningkatan Jalan Pada Ruas Sukodadi – Sumberwudi Kab. Lamongan Menggunakan Metode Bina Marga.
[17] Ros Anita Sidabutar, dkk (2021) Evaluasi Perkerasan Jalan Kaku (Rigid Pavement) Pada Jalan Sm Raja Medan Dengan Metode Bina Marga.
[18] Rika Herliana, dkk (2021). Analisis Perencanaan Perkerasan Kaku Jalan Khatulistiwa Kota Pontianak Dengan Menggunakan Metode Bina Marga 2017 Dan Metode Aashto 1993.
[19] Firdaus Girsang (2022). Analisa Perencanaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Studi Kasus : Jalan Kim 4 Medan.
[20] Kementrian Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga,2010, suarat edaran pemberlakuan pedoman cara uji california bearing ratio (CBR) dengan Dynamic cone penetrometer (DCP). Nomor 04/SE/M/2010. (Hal 5&9)
Published
2025-09-18
How to Cite
Bakarbessy, E. S., Metekohy, J. G., & Wangean, F. (2025). PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN KAKU DENGAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2024 PADA RUAS JALAN R. SUPRAPTO, RUMAH TIGA, KOTA AMBON, MALUKU. ALE Proceeding, 7, 76-87. https://doi.org/10.30598/ale.7.2025.76-87