Peningkatan Kepuasan Konsumen Terhadap Jasa J&T Express Teluk Ambon

  • Boy Soumokil Program Studi Teknik Industri Universitas Pattimura
  • Alfredo Tutuhatunewa Universitas Pattimura
  • Johan M. Tupan Program Studi Teknik Industri Universitas Pattimura
Keywords: Servqual, Importance Performance Analysis, Kepuasan pelanggan, Gap

Abstract

J&T Express Teluk Ambon, yang merupakan penyedia jasa pengantaran barang di kota Ambon, dituntut untuk senantiasa memberikan pelayanan yang berkualitas. Masalah keterlambatan pengantaran barang, kondisi barang yang rusak saat diterima, hingga terjadinya kesalahan komunikasi antara kurir dengan pelanggan, merupakan hal yang sering dikeluhkan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan jasa J&T Express Teluk Ambon. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan penyebaran kuesioner google form bagi para pelanggan yang telah menggunakan jasa J&T Express Teluk Ambon. Metode analisis data yang digunakan adalah Servqual dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil analisis Servqual menunjukan gap 5 secara keseluruhan bernilai negatif. Hasil analisis IPA menunjukan variabel yang berada pada kuadran 1 adalah variabel tangible dan responsiveness. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan jasa J&T Express Teluk Ambon masih rendah, karena kondisi aktual yang dirasakan lebih rendah dari ekspektasi pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. P. S. Qur’aini, M. Tukan, and A. Tutuhatunewa, “Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Jasa Antar Barang di PT JNE Kantor Cabang Utama Ambon dengan Metode Servqual,” i-tabaos, vol. 2, no. 1, pp. 35–43, May 2022, doi: 10.30598/i-tabaos.2022.2.1.35-43.
[2] P. Kotler and K. L. Keller, Marketing Management, 13th ed. Pearson Prentice Hall, 2009.
[3] T. A. Khoironi, H. Syah, and P. Dongoran, “Product Quality, Brand Image and Pricing to Improve Satisfaction Impact on Customer Loyalty,” International Review of Management and Marketing, vol. 8, no. 3, pp. 51–58, May 2018.
[4] I. Ismartaya, L. H. Maulana, W. Simanjuntak, and T. Kartini, “The Impact of Product Quality and Service Quality on Consumer Satisfaction at Kedai Falsafah Ngopi Bogor, Indonesia,” International Journal of Science, Technology & Management, vol. 4, no. 4, pp. 834–841, July 2023, doi: 10.46729/ijstm.v4i4.899.
[5] V. Gaspersz, Total Quality Management. PT.Gramedia Pustaka Utama, 2005.
[6] A. Parasuraman, V. A. Zeithaml, and L. L. Berry, “SERVQUAL A Multiple-item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality,” Journal of Retailing, vol. 41, no. 1, pp. 12–40, 1988.
[7] E. C. Tuahatu, A. Tutuhatunewa, and J. M. Tupan, “Analisis Pengendalian Kualitas Pengiriman Barang Melalui Penerapan Metode Statistical Quality Control pada PT Pos Indonesia Cabang Ambon,” i-tabaos, vol. 2, no. 1, pp. 12–22, May 2022, doi: 10.30598/i-tabaos.2022.2.1.12-22.
[8] Y. Megawati, “Kualitas Pelayanan Terkait dengan Kepuasan Konsumen dalam Industri Jasa,” BMJ, vol. 2, no. 2, July 2017, doi: 10.30813/bmj.v2i2.589.
[9] F. A. Nuraieni, N. Ravenska, and H. A. Pradesa, “Applying Importance Performance Analysis (IPA) Method in Analyzing Level of Service Quality,” Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, vol. 5, no. 2, pp. 85–93, Dec. 2021, doi: 10.30741/adv.v5i2.779.
[10] I. Sever, “Importance-performance analysis: A valid management tool?,” Tourism Management, vol. 48, pp. 43–53, June 2015, doi: 10.1016/j.tourman.2014.10.022.
[11] D. A. Harahap, R. Hurriyati, . Disman, V. Gaffar, and D. Amanah, “An Analysis of Service Quality using Importance Performance Analysis and Gap Analysis at a Commercial Banks in Indonesia:,” in Proceedings of the 4th Sriwijaya Economics, Accounting, and Business Conference, Palembang, South Sumatra, Indonesia: SCITEPRESS - Science and Technology Publications, 2018, pp. 161–168. doi: 10.5220/0008437901610168.
Published
2025-09-28
How to Cite
Soumokil, B., Tutuhatunewa, A., & Tupan, J. M. (2025). Peningkatan Kepuasan Konsumen Terhadap Jasa J&T Express Teluk Ambon. ALE Proceeding, 7, 166-169. https://doi.org/10.30598/ale.7.2025.166-169