STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH POSISI PENGELASAN TERHADAP SIFAT MEKANIS BAJA KARBON RENDAH

  • Mesak Frits Noya Universitas Pattimura
  • Abdul Hadi Universitas Pattimura
Keywords: Posisi Pengelasan, Gerakan Elektroda, kekerasan (HRC), Baja karbon rendah

Abstract

Abstrak Setiap proses pengelesan sangat berpengaruh pada sifat mekanis material yang dilas. Penelitian ini bersifat eksperimental yang bertujuan untuk mengetahui Sifat mekanis material baja karbon rendah dengan variable penelitian adalah gerakan elektroda dan posisi pengelasan. Kemudian dilakukan pengujian kekerasan pada daerah HAZ material hasil pengelasan. Salah satu jenis pengujjian kekerasan yang dilakukan dalampenelitian ini adalah kekerasan Rockwell (HRC). Hasil Pengujian diperoleh nilai kekerasan tertinggi rata-rata 87,18 terdapat pada variabel posisi pengelasan Vertikal pada gerakan elektroda pola C, sedangkan nilai kekerasan terendah rata-rata 86,09 terdapat pada variabel posisi pengelasan datar pada variabel gerakan elektoda pola zigzag. Uji hasil pengukuran dengan menggunakan analisis varians diperoleh bahwa posisi pengelasan tidak mempengaruhi kekerasan pada daerah HAZ. Untuk gerakan elektroda diperoleh bahwa gerakan elektroda sangat mempengaruhi nilai kekerasan pada daerah HAZ. Hal ini disebabkan karena adanya masukan panas yang besar sehingga mempengaruhi struktur mikro dari material menjadi lebih keras.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Fajri, MH. Aris, M. 2013, Jurnal Pengelasan GTAW Terhadap Bentuk Hasil Lasan Dan Struktur Mikro SS316L, Departemen Metalurgi Dan Material, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia.
Alip, M., 1989, Teori dan praktik Las, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Djfri, Sriati., 1990 Dasar Metalurgi untuk Rekayasa. Terjemahan dan essential Metallurgy For Engineers. Erlangga Jakarta. Indraswari, R. 2010, Jurnal Pengaruh Pengelasan Pada Stainless Steel, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia, Depok.
Indraswari, R. 2010, Jurnal Pengaruh Pengelasan pada Stainless Steel, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia, Depok.
Sudjana, 1995, Desain dan Analisis Eksperimen. Edisi IV, Penerbit Tarsito Bandung.
Suheni, Harijanto. I, Putra E.P. 2015, Pelindung Dan Arus Terhadap Kekerasan Pada Proses Las MIG Dengan Material Stainless Steel AISI 304, Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan III 2015, Jurusan Teknik Mesin, Institut Teknologi Adhi Tama, Surabaya.
Wiryosumarto. H, Okumura.T. 2008, Teknologi Pengelasan Logam, cetakan kesepuluh, halaman 1. PT. Balai Pustaka, Jakarta.
Sutowo. C, Budiawan. I. 2014, Jurnal Analisa Pengaruh Pengelasan TIG Dan MIG Pada Sambungan Las Dengan Material Tipe SS 316 Dan SS304, Jurusan Teknik Mesin, Universitas Muhamadiyah Jakarta.
Published
2019-07-10
How to Cite
Noya, M., & Hadi, A. (2019). STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH POSISI PENGELASAN TERHADAP SIFAT MEKANIS BAJA KARBON RENDAH. ALE Proceeding, 2, 72-77. https://doi.org/10.30598/ale.2.2019.72-77