ALGORITMA SIMULASI NUMERIK GETARAN DIRRECT INLINE HARMONICAL CAM FOLLOWER PADA VALVE TRAIN MANIFOLD MOTOR DIESEL

  • Abdul Hadi Universitas Pattimura
  • B G Tentua Universitas Pattimura
Keywords: Simulasi numerik getaran direct inline, harmonical cam profile, valve train manifold motor diesel

Abstract

Abstrak Penelitian ini dibuat untuk mengetahui getaran vertical direct inline dari suatu mekanisme ekivalen cam follower dengan profil cam harmonik pada suatu manifold -valve train motor diesel. Masalahnya dimulai dengan penentuan koefisien redaman viscous dan koefisien kekakuan pegas ekivalen sistem yang mana sulit ditentukan secara langsung. Oleh karena secara praktis dapat dipandang bahwa sinyal sistem adalah bersifat deterministick random process maka untuk mengatasi kesulitan ini dilakukan suatu analisa gabungan deduksi dan induksi yaitu dalam model estimasi ordinary least square (OLS) dan simulasi numerik Newton-Rhapson dengan mengacu pada data record hasil pengukuran eksperimental respon getaran yang ditunjukkan oleh sensor accelerometer. Sinyal getaran respon sistem dengan model mekanik single degree of freedom (1-dof) ini kenudian diolah baik dalam domain waktu atau domain frekuensi dengan menerapkan
Laplace Transform dan Fast Furrior Transform (FFT). Hasilnya menunjukan bahwa komputasi numerik itu dapat dibuat untuk mengetahui harga-harga koefisien redaman viscous ekivalen,  koefisien kekakuan pegas ekivalen dan initial tensiom clearance ekivalen sedemikian hingga selanjutnya respon dinamik sinyal getaran sistem dapat diestimasi dengan menerapkan metode simulasi numerik Runge-Kutta order ke-empat. Algoritma hasil formulasinya dengan demikian dapat menjadi lebih general untuk menjawab berbagai persoalan amplitude getaran pada level data percepatan eksitasi ekivalen multi input multi output (MIMO) dalam berbagai variasi sistem cam-follower yang diberikan sebagaimana dimaksud. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Khovakh M., 1971, Motor Vehicle Engines, Mir Publishers, Moscow
Koster M.P.,1970, Vibration of Cam Mechanism, Macmillan, London.
Rothbart Harold A., 2004, Cam Design Handbook, McGraw-Hill, New York
Published
2019-07-10
How to Cite
Hadi, A., & Tentua, B. (2019). ALGORITMA SIMULASI NUMERIK GETARAN DIRRECT INLINE HARMONICAL CAM FOLLOWER PADA VALVE TRAIN MANIFOLD MOTOR DIESEL. ALE Proceeding, 2, 45-51. https://doi.org/10.30598/ale.2.2019.45-51