ANALISA KINERJA REM CAKERA AKIBAT MODIFIKASI KALIPER RODA BELAKANG TERHADAP KESELAMATAN PENGENDARA SEPEDA MOTOR
Abstract
Abstrak Akhir-akhir ini sepeda motor banyak beralih menggunakan perangkat rem cakera dibanding rem tromol. Pemilik sepeda motor banyak memodifikasi remnya dari tromol menjadi cakram. Bahkan pabrikan sendiri juga sudah banyak menggunakan rem cakram dalam produk kendaraannya. Selain itu, perangkat rem cakram pabrikan banyak dimodifikasi juga oleh pemilik, baik itu piriangan maupun jaumlah silinder dalam kaliper. Telah dilakukan penelitian untuk menilai fenomena yang berkembang yang dikaitkan dengan kinerja rem cakera yang mengalami modifikasi jumlah silinder kaliper. Metode penelitian adalah eksperimental dengan memodifikasikan jumlah silinder kaliper 1, 2 dan 4 pada roda belakang dan mengkonstankan jumlah silinder kaliper roda depan 2. Kendaraan dioperasikan menggunakan kecepatan 40 km/h dan 60 km/h serta diterapkan beban 3 kg pada handle rem dan 6 kg pada pedal rem. Modifikasi menggunakan jumlah silinder kaliper 2 menghasilkan kinerja pengereman optimal/terbaik, dimana gaya pengereman (Fxf dan Fxr) sebesar 26,29 kg dan 18,55 kg, persentase proporsi gaya pengereman (Kbf dan Kbr) sebesar
58,63 % dan 41,37 %, perlambatan dalam unit g {(a/g)f dan (a/g)r} sebesar 0,33, efisiensi pengereman (ηf dan ηr) sebesar 0,44 dan jarak pengereman (40 km/h dan 60 km/h) sebesar 10,01 m dan 19,05 m.
Downloads
References
Gillesple Thomas. D “Fundamentalls of Vehicle Dynamics†Published by Society of Automotive Engineers, Inc, Warrendale.
Shigley Joseph. E., et al, (1983), “Mechanical Engineering Designâ€, dalam “Perencanaan Teknik Mesinâ€, Alih Bahasa Harahap Gandhi, Jilid 2, Edisi Keempat , Penerbit Erlangga, Jakarta, 1994.
Siahaan Ian Hardianto, et al, (2008), “Kinerja Rem Tromol Terhadap Kinerja Rem Cakram Kendaraan Roda Dua Pada Pengujian Stasionerâ€, Jurnal teknosim Jurusan teknik Mesin dan Industri FT UGM, ISBN 978-979-18703-0-6, hal. 391-397
Sutantra Nyoman (2001), “Teknologi Otomotif, Teori dan Aplikasinyaâ€, Edisi Pertama, Penerbit Guna Widya, Surabaya.
Suga Kiyokatsu dalam Sularso (1987), “Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesinâ€, Edisi Keenam, Penerbit PT. Pradnya Paramita, Jakarta.
Wong. J. Y., (1978), “Theory of Ground Vehiclesâ€, AWiley-Interscience Publication John Wiley and Sons, New York / Chichester / Brisbane / Toronto / Singapore.
Yanuar, et al, “Analisis Gaya Pada Rem Cakram (Disk Brake) Untuk Kendaraan Roda Empatâ€, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma.
An author who publishes in the ALE Proceeding agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants ALE Proceeding the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.