ANALISA KINERJA REM CAKERA AKIBAT MODIFIKASI KALIPER RODA BELAKANG TERHADAP KESELAMATAN PENGENDARA SEPEDA MOTOR

  • Jandri Louhenapessy Universitas Pattimura
  • Sefnath J Etwan Sarwuna Universitas Pattimura
Keywords: Rem Cakram, Kaliper, Kinerja, Keselamatan

Abstract

Abstrak Akhir-akhir ini sepeda motor banyak beralih menggunakan perangkat rem cakera dibanding rem tromol. Pemilik sepeda motor banyak memodifikasi remnya dari tromol menjadi cakram. Bahkan pabrikan sendiri juga sudah banyak menggunakan rem cakram dalam produk kendaraannya. Selain itu, perangkat rem cakram pabrikan banyak dimodifikasi juga oleh pemilik, baik itu piriangan maupun jaumlah silinder dalam kaliper. Telah dilakukan penelitian untuk menilai fenomena yang berkembang yang dikaitkan dengan kinerja rem cakera yang mengalami modifikasi jumlah silinder kaliper. Metode penelitian adalah eksperimental dengan memodifikasikan jumlah silinder kaliper 1, 2 dan 4 pada roda belakang dan mengkonstankan jumlah silinder kaliper roda depan 2. Kendaraan dioperasikan menggunakan kecepatan 40 km/h dan 60 km/h serta diterapkan beban 3 kg pada handle rem dan 6 kg pada pedal rem. Modifikasi menggunakan jumlah silinder kaliper 2 menghasilkan kinerja pengereman optimal/terbaik, dimana gaya pengereman (Fxf dan Fxr) sebesar 26,29 kg dan 18,55 kg, persentase proporsi gaya pengereman (Kbf dan Kbr) sebesar
58,63 % dan 41,37 %, perlambatan dalam unit g {(a/g)f dan (a/g)r} sebesar 0,33, efisiensi pengereman (ηf dan ηr) sebesar 0,44 dan jarak pengereman (40 km/h dan 60 km/h) sebesar 10,01 m dan 19,05 m.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ballaney. P. L. (1980) “Theory of Machynes”, Khanna Publishers Delhi.
Gillesple Thomas. D “Fundamentalls of Vehicle Dynamics” Published by Society of Automotive Engineers, Inc, Warrendale.
Shigley Joseph. E., et al, (1983), “Mechanical Engineering Design”, dalam “Perencanaan Teknik Mesin”, Alih Bahasa Harahap Gandhi, Jilid 2, Edisi Keempat , Penerbit Erlangga, Jakarta, 1994.
Siahaan Ian Hardianto, et al, (2008), “Kinerja Rem Tromol Terhadap Kinerja Rem Cakram Kendaraan Roda Dua Pada Pengujian Stasioner”, Jurnal teknosim Jurusan teknik Mesin dan Industri FT UGM, ISBN 978-979-18703-0-6, hal. 391-397
Sutantra Nyoman (2001), “Teknologi Otomotif, Teori dan Aplikasinya”, Edisi Pertama, Penerbit Guna Widya, Surabaya.
Suga Kiyokatsu dalam Sularso (1987), “Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin”, Edisi Keenam, Penerbit PT. Pradnya Paramita, Jakarta.
Wong. J. Y., (1978), “Theory of Ground Vehicles”, AWiley-Interscience Publication John Wiley and Sons, New York / Chichester / Brisbane / Toronto / Singapore.
Yanuar, et al, “Analisis Gaya Pada Rem Cakram (Disk Brake) Untuk Kendaraan Roda Empat”, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma.
Published
2019-07-10
How to Cite
Louhenapessy, J., & Sarwuna, S. (2019). ANALISA KINERJA REM CAKERA AKIBAT MODIFIKASI KALIPER RODA BELAKANG TERHADAP KESELAMATAN PENGENDARA SEPEDA MOTOR. ALE Proceeding, 2, 102-107. https://doi.org/10.30598/ale.2.2019.102-107