ANALISA PENGARUH KARAKTERISTIK TEKNIS DESAIN TERHADAP PROSES SETTING KAPAL PUKAT CINCIN DI MALUKU

  • Obed Metekohy Universitas Pattimura
Keywords: Stabilitas manover, setting, pukat cincin

Abstract

Abstrak Rancangan kapal perikanan tangkap pukat cincin tradisional, mempunyai banyak kendala teknis dalam mengoperasiankan alat tangkap. Proses manover kapal dalam formasi lingkaran dengan kecepatan optimal untuk mengejar pergerakan ikan yang akan ditangkap sambil melemparkan jaring dalam proses setting alat tangkap banyak dipengaruhi oleh faktor karakteristik teknis rancang bangun kapal. Stabilitas kapal yang diharapkan dapat menjamin kontinyutas pengoperasian penangkapan pada saat setting, hauling dan pursing sering menjadi kendala, sehingga operasional penangkapan harus dihentikan, untuk menghindari terjadinya resiko kecelakaan dilaut. Penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh karakteristik teknis desain ukuran utama kapal terhadap stabilitas pada saat setting.Hasil pengukuran menunjukkan stabilitas dinamis kapal pada saat setting bergantung pada kecepatan setting dan rasio B/D. Pada kecepatan 5.37 knot dan
rasio B/D = 2.14, kecepatan pembalik kapal adalah 7 detik kemudian kapal terus mengalami kemiringan sampai pada sudut maksimum 9°. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemiringan kritis pada saat setting tejadi pada kapal-kapal dengan nilai rasio ukuran B/D kapalnya lebih kecil 0.79 % dari standar teknis desain perkapalan, akan mengalami sudut oleng yang besar dan membahayakan kapal pada kecepatan diatas 8 knot. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayodhyoa, 1985, Suatu Pengenalan Fishing Gear, Fakultas Perikanan. IPB. Bogor.
Ayodhyoa, 1972, Fishing Boat Correspondece Cource Center, Fakultas Perikanan. IPB. Bogor
Bhattacharya, R., 1978, Dynamic of Marine Vichcle John Wiley and Son, inc. New
Biro Klasifikasi Indonesia, 2004, Rules for the Classification and Construction of Seagoing Steel Ship, PT, Bina Cakrawala Utama, Jakarta
Departemen Kelautan Dan Perikanan RI, 2009, Undang Unadang Nomor 31 Tahun 2009 Tentang Jenis Kapal Perikanan, Jakarta
Derret, D. R., 2006, Ship Stability for Master and Mates, Sixth Edition, Revised, Barras Ltd.London
Fyson, J., 1985, Design of Small Fishing Vessels, FAO United Nations. Fishing New book Ltd. Englands (pp 320) hal 155 - 172
Herry, R., 2004, Kajian Teoritis Stabilitas Kapal Payang Ketika Bergerak Melingkar (Kasus Pada Salah Satu Kapal Payang Di Pelabuhan Ratu Jawa Barat) Skripsi. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB.
Hind, A., 1982, Stability And Trim Of Fishing Vessels, Second Edition Fishing News books Ltd London.
IMO, International Maritime Organization, 2008, Code On Intact Stability For All Type Ship Covered By IMO Instrument Resolution A.649 (18)
Komisi Nasional Keselamatan Transportasi, 2011, Kajian Analisa Trend Kecelakaan Tranportasi Laut Tahun 2003 – 2008, KNKT Jakarta.
Smith-Munro, R., 1980, Merchant Ship Design, The University, of Liverpool Hutchinson, London
Muntaha, A., 2012, Kajian Kecepatan Kapal Purse Seiner dengan Permodelan Operasional terhadap Hasil Tangkapan yang Optimal, Jurnal Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Brawijaya Malang.
Nomura, M. and Yamazaki,T., 1977, Fishing Techniques. Japan International Agency Tokyo, Lecture Partly And Repated Makasar and Ambon
Semyonov-Tyan-Sansky, 1980, Static and Dynamics Of Ship, Peace Publisher Moscow
Rawson, K. J. and E. C. Tupper, 2001, Basic Ship Theory Edition 3 volume 1 & 2, logman Scientific and Technical London.
Subroto, M. A., 2000, Teknik Kapal Penangkap, Depertemen P & K Jakarta
Soekarsono, N. A., 1991, Konstruksi Bangunan Kapal, Fakultas Teknologi Kelautan Universitas Dharma Persada, Jakarta.
Traung, J. O., 1975, Fishing Boat of the Word, 2. Published by Fishing News Britain – London
Published
2019-07-10
How to Cite
Metekohy, O. (2019). ANALISA PENGARUH KARAKTERISTIK TEKNIS DESAIN TERHADAP PROSES SETTING KAPAL PUKAT CINCIN DI MALUKU. ALE Proceeding, 2, 9-14. https://doi.org/10.30598/ale.2.2019.9-14