PENGARUH DIMENSI TERHADAP PARAMETER STABILITAS KAPAL-KAPAL PENUMPANG KECIL MATERIAL FRP
Abstract
Abstrak Kontribusi kapal-kapal penumpang kecil kecepatan tinggi (speed-boats) dalam menunjang transportasi penumpang diwilayah kepulauan sangat dibutuhkan. Hal ini terkait dengan kebutuhan penumpang untuk menempuh waktu pelayaran yang pendek serta input penumpang yang sedikit untuk jarak pelayaran pendek. Namun seringkali terjadi berbagai kecelakaan yang diakibatkan oleh berbagai faktor internal dan external dari kapal yang berdampak pada hilangnya harta dan jiwa manusia di laut. Salah satu faktor internal yang berpengaruh terhadap kecelakaan kapal ialah parameter stabilitas yang ditinjau pada kondisi awal maupun sudut kemiringan besar (large angle of inclinations). Parameter stabilitas sangat tergantung dari dimensi kapal, terutama lebar dan tinggi kapal. Speed-boat yang beroperasi di Perairan Maluku dan sekitarnya kebanyakan tanpa dibekali dengan kajian teknis. Hasil kajian riset ini dimaksudkan untuk memberikan
pertimbangan tentang pengaruh dimensi terhadap parameter stabilitas speed-boat. Riset diawali dengan pengambilan database kapal serta pengembangan bentuk geometri dan rencana umum dilanjutkan dengan komputasi parameter kapal serta variasi lebar serta tinggi kapal. Tiap konfigurasi kapal menghasilkan parameter stabilitas tersendiri. Selanjutnya hasil variasi terhadap dimensi kapal dinyatakan dalam bentuk model regressi. Model regressi yang dikembangkan adalah valid dan dapat digunakan selanjutnya. Parameter stabilitas adalah merupakan veriabel dependent (Y) sedangkan dimensi lebar (X1) dan tinggi (X2) adalah merupakan variabel independent. Semua parameter stabilitas dinyatakan dalam bentuk persamaan sebagai fungsi dimensi lebar dan tinggi kapal. Selanjutnya para pengguna (users) dapat mengevaluasi pengaruh dimensi terhadap parameter stabilitas kapal pada tahapan awal desain. Hasil akhir dari riset ini dapat dijadikan
referensi untuk pengembangan riset lanjutan tentang pengembangan stabilitas kapal.
Downloads
References
[2]. Wolter R Hetharia, Eliza R de Fretes, Fella Gaspersz, Abdul J. Tianotak, 2014, Kajian Tentang Beberapa Aktifitas Masyarakat Maluku di Sektor Kelautan Kajian Tentang Beberapa Aktifitas Masyarakat Maluku di Sektor Kelautan, Prosiding Kongres Budaya Maluku, Ambon
[3]. Parsons, M. G., 2003, “Parametric Designâ€. Ship Design and Construction - Chapter 11, Vol. 2., SNAME Publication, Jersey City, NJ, USA
[4]. Watson, D. G. M. (1998). Practical Ship Design. Elsevier Ocean Engineering Book Series, Volume I, ELSEVIER: 48-49, 65–398,
[5]. Lewis, E. V., 1988, Pricicles of Naval Architecture, Vol. I, Stability and Strength, SNAME, Jersey City, New Jersey.
[6]. Rawson, K. J. and Tupper, E. C., 1984, Basic Ship Theory, Vol. 1, 3rd Edition, Longman, New York.
[7]. Van Dokkum, K, 2003, Ship Knowledge - A Moderen Encyclopedia, DOKMAR, Enkhuizen, The Netherland.
[8]. Barras, B dan Derrett, D. R., 2006, Ship Stability for Masters and Mates, 6th edition, Butterworth – Heinemann, An Imprint of Elsevier Ltd., Linacre House, Jordan Hill, Oxford OX2 8DP, pp. 24-58 dan pp. 118 – 141.
[9]. Schneekluth, H. and V. Bertram, Ship Design for Efficiency and Economy, Butterwoth- Heinemann, Second Edition, Oxford, (1998), pp. 14-32, 54-64, 182-184
[10]. International Maritime Organization (2008), International code on intact stability, 2008 (2008) IS Code,MSC 83/28/Add.2, Annex 13.
[11]. The Rules of International Code of Safety for High-Speed Craft (2000 HSC Code).
[12]. The Rules of International Code of Safety for High-Speed Craft, (2008). 2008 Edition.
[13]. Hetharia, W. R, Gaspersz, F, Feninlambir, A, 2018, Evaluasi Parameter Stabilitas Kapal-Kapal Penumpang Kecil, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Teknik Universitas Pattimura Ambon, 26 April 2018, ISSN : 2620-3995.
[14]. Wolter R Hetharia, Eliza R de Fretes, Fella Gaspersz, Abdul J. Tianotak, 2014, Kajian Tentang Beberapa Aktifitas Masyarakat Maluku di Sektor Kelautan Kajian Tentang Beberapa Aktifitas Masyarakat Maluku di Sektor Kelautan, Prosiding Kongres Budaya Maluku, Ambon
An author who publishes in the ALE Proceeding agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants ALE Proceeding the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.