ANALISA RESPONSE DINAMIK PADA SAMBUNGAN KONSTRUKSI KAPAL KAYU BERDASARKAN TIPE MESIN YANG DIGUNAKAN

  • Debby R. Lekatompessy Universitas Pattimura
  • Ruth P Soumokil Universitas Pattimura
  • Hedy C. Ririmasse Universitas Pattimura
Keywords: karakteristik getaran, eksitasi, sambungan, resonansi, amplitude

Abstract

Bentuk kapal tradisional di Maluku berubah menurut perkembangan jaman dimulai dengan adanya gosepa yang serupa dengan rakit, kole-kole, kemudian perahu semang atau ketinting, kora-kora, perahu belang dan rurehe. Semua kapal ini tidak menggunakan mesin sebagai tenaga penggerak melainkan masih menggunakan tenaga manusia maupun angin. Jaman sekarang penggunaan mesin sebagai tenaga penggerak kapal sudah banyak digunakan agar radius berlayar menjadi lebih jauh. Efek penggunaan mesin menyebabkan kondisi struktur harus lebih diperhatikan dari sisi keselamatan dan kenyamanannya.
Sumber eksitasi utama pada kapal kayu tradisional bermesin adalah getaran mesin induk. Struktur dirancang untuk dapat menahan beban dari gaya-gaya yang bekerja padanya. Tipe mesin yang digunakan di Maluku kebanyakan adalah tipe mesin dari China dikarenakan harganya yang lebih terjangkau.
Agar getaran mesin induk dapat terdistribusi merata maka karakteristik konstruksi di daerah sambungan harus diketahui agar transmisi bisa direkayasa dan resonansi pada titik tertentu dapat dihindari.
Penelitian ini ingin membuktikan bahwa resonansi lokal dapat diatasi dengan menggunakan bantuan simulasi. Metode Non Destructive Analysis (NDE) banyak digunakan oleh para peneliti terbukti murah, efisien dan efektif untuk struktur yang besar dengan tingkat akurasi yang baik.
Sumber eksitasi berasal dari dua mesin yang berbeda yang dipasang pada kapal dengan ukuran yang sama. Penggunaan dua mesin berbeda bertujuan agar analisa mampu merekomendasikan sambungan yang sesuai dengan performa masing-masing mesin melalui besarnya amplitude yang terjadi dititik-titik sambungan. Perhitungan analitik dilakukan untuk keperluan validasi simulasi.
Analisa konsentrasi tegangan pada masing-masing mesin berbeda. Hasil response struktur akibat eksitasi mesin Yanmar dilakukan juga pada mesin Dong Feng dengan bantuan simulasi bagian yang sama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Craik, Robert J.M., and Laurent Galbrun. 2005. ‘Vibration Transmission through a Frame Typical of Timber-Framed Buildings’. Journal of Sound and Vibration 281 (3): 763–82. https://doi.org/10.1016/j.jsv.2004.02.015.
Dugdale, D.S. 1984. ‘Vibration Modes of a Disc of Wood Laminate’. International Journal of Engineering Science 22 (1): 77–86. https://doi.org/10.1016/0020-7225(84)90133-2.
Lekatompessy, D. R. 2005. ‘Tinjauan Pengaruh Getaran Mesin Terpasang Terhadap Kekuatan Konstruksi Pondasi Kapal Tradisional’. Jurnal Teknologi 2 (1): 27–35.
Lekatompessy, D. R., I Made Ariana, Achmad Zubaydi, and Erwandi Erwandi. 2017a. ‘The Effect of the Fiber of Wood and Connection Tools on the Vibration Characteristics of Gofasa Wood (Vitex Cofassus)’. Research Journal of Applied Sciences, Engineering and Technology 14 (7): 242–50. https://doi.org/DOI:10.19026/rjaset.14.4786.
Lekatompessy, D. R., I. Made Ariana, Achmad Zubaydi, and Erwandi Erwandi. 2017b. ‘The Vibration Characteristics of Gofasa Wood (Vitex Cofassus)’. International Review of Mechanical Engineering (IREME) 11 (9): 644– 50. https://doi.org/10.15866/ireme.v11i9.11636.
Lekatompessy, D. R., O. O. Sulaiman, F Manuhutu, E. J. De Lima, and M. Manuputty. 2013. ‘Rubber as an Effective Vibration Absorber of Outboard Engine at Small Traditional Fishing Boats from the Human Health and Safety Point of View’. Journal of Engineering Computers & Applied Sciences 2 (2): 7–12.
Lin, Tian Ran, Jie Pan, Peter J. O’Shea, and Chris K. Mechefske. 2009. ‘A Study of Vibration and Vibration Control of Ship Structures’. Marine Structures 22 (4): 730–43. https://doi.org/10.1016/j.marstruc.2009.06.004.
Soegihardjo, Oegik, and Suhardjono. 2013. ‘Simulasi Untuk Memprediksi Pengaruh Stiffener Pada Peningkatan Kekakuan Benda Kerja’. Jurnal Teknik Mesin 14 (1): 40–46. https://doi.org/10.9744/jtm.14.1.40-46.
Tan, Mohd Hilman Mohd Akil, N.L.Tajul Lile, F Mat, and S Yaacob. 2011. ‘Characterization of Materials by Vibration Technique’. IIUM Engineering Journal 12 (3).
http://journals.iium.edu.my/ejournal/index.php/iiumej/article/view/143.
Yucel, Adil, and Alaeddin Arpaci. 2013. ‘Free and Forced Vibration Analyses of Ship Structures Using the Finite Element Method’. Journal of Marine Science and Technology 18 (3): 324–38. https://doi.org/10.1007/s00773-012-0210-1.
Published
2019-07-10
How to Cite
Lekatompessy, D., Soumokil, R., & Ririmasse, H. (2019). ANALISA RESPONSE DINAMIK PADA SAMBUNGAN KONSTRUKSI KAPAL KAYU BERDASARKAN TIPE MESIN YANG DIGUNAKAN. ALE Proceeding, 2, 26-30. https://doi.org/10.30598/ale.2.2019.26-30