PENERAPAN ALGORITMA DIFFERENTIAL EVOLUTION UNTUK PENYELESAIAN PERMASALAHAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (CVRP) (Studi Kasus: PT. Paris Jaya Mandiri)
Abstract
Abstrak PT. Paris Jaya Mandiri adalah salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang distributor produk Nestle di Indonesia. Sebagai perusahaan distributor, aktivitas distribusi harus diberi perhatian khusus sehingga dapat mengatasi adanya keterlambatan atau ketidaktepatan waktu pengiriman produk yang disebabkan karena ketidakpastian rute pengiriman produk. Masalah routing kendaraan (VRP) adalah optimasi kombinatorial dan masalah pemrograman integer yang menanyakan "Berapa rute yang optimal untuk armada kendaraan untuk dilalui agar bisa dikirim ke satu set pelanggan?". Ini menjelaskan masalah salesman keliling yang terkenal (TSP) yang akan dikembangkan dengan penyelesaian menggunakan Algorithm Differential Evolution dengan masalah yang diambil yakni Capacitated Vehicle Routing Problem CVRP). Tolak ukur yang digunakan pada metode ini adalah jarak antaroutlet dimulai dari mengukur masing – masing jarak dari gudang menuju oulet dan kembali ke gudang. Pada penelitian ini dilakukan perhitungan untuk mengukur jarak terpendek dari 67 lokasi outlet yang tersebar pada wilayah distribusi Sirimau dan serta wilayah distribusi Nusaniwe. Hasil olahan data metode Branch and Bound menunjukkan bahwa dari 3 wilayah distribusi dapat diperoleh 5 rute optimal yang hasilnya dibandingkan dengan hasil olahan data menggunakan Algorithm Differential Evolution dengan wilayah distribusi keseluruhan diperoleh 4 rute optimal yaitu 1 didapat jarak sebesar 9.93 Km dengan total waktu 37.24 menit, rute 2 sebesar 12,66 Km dengan total waktu 39,99 menit, rute 3 sebesar 24,74 Km dengan total waktu 49,48 menit, rute 4 sebesar 9.5 Km dengan total waktu 21.59 menit.
Downloads
References
Bräysy, O. (2001). Genetic Algorithm for Vehicle Routing Problem with Time Windows, Department of Mathematics and Statistics, University of Vaasa, Finlandia.
Clark. G and Wright. J.W, (1964). Scheduling of Vehicles from a Central Depot to a Number of Delivery Points, Operation Research, Vol 12, pp 568-581.
Dantzig, G. B. and Ramser, J.(1959), The Truck Dispatching Problem, Management Science, Vol 6, No1, pp. 80-91.
Fradina. S.E dan Saptaningtyas. F. Y, (2017). Penerapan Algoritma Sweep dan Algoritma Genetika pada Penyelesaian Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) untuk Optimasi Pendistribusian Gula, Jurnal Matematika, Vol 6, No 2, pp 63-65.
Lawler.E.L, Lenstra.J.K, Rinooy Kan.A.H.G, and Shimoys.D.B (1983). The Traveling Salesman Problem (a Guided Tour of Combinatorial Optimization), Jhon Wiley&Sons, Chichester.
Paillin. D.B dan Tupan. J.M (2018). Pemecahan Traveling Salesman Problem Menggunakan Teknik Branch and Bound dan Cheapest Insertion Heuristic (Studi Kasus: PT. Paris Jaya Mandiri–Ambon). Prosiding Seminar dan Konfrensi Nasional IDEC. 110-120. (Surakarta, 7-8 Mei 2018).
Paillin, D. B. dan Wattimena, E.(2015). Penerapan Algoritma Sequential Insertion dalam Pendistribusian BBM di Kawasan Timur Indonesia (Studi Kasus pada PT Pertamina UPMS VIII Terminal Transit Wayame-Ambon), ARIKA, Vol 9, No 1 pp. 53-62.
Santosa. B dan The Jin Ai, (2017). Pengantar Metaheuristik (Implementasi dengan Matlab), ITS Tekno Sains, Surabaya
Sosebeko, Filinda. (2017). Penentuan Rute Optimal Distribusi Produk Nestle dengan Menggunakan Metode Traveling Salesman Problem (TSP). Ambon: Jurnal Teknik Industri
An author who publishes in the ALE Proceeding agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants ALE Proceeding the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.