PENERAPAN ALGORITMA DIFFERENTIAL EVOLUTION UNTUK PENYELESAIAN PERMASALAHAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (CVRP) (Studi Kasus: PT. Paris Jaya Mandiri)

  • Daniel B Paillin Universitas Pattimura
Keywords: Capacitated Vehicle Routing Problem, Differential Evolution, Rute Optimal

Abstract

Abstrak PT. Paris Jaya Mandiri adalah salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang distributor produk Nestle di Indonesia. Sebagai perusahaan distributor, aktivitas distribusi harus diberi perhatian khusus sehingga dapat mengatasi adanya keterlambatan atau ketidaktepatan waktu pengiriman produk yang disebabkan karena ketidakpastian rute pengiriman produk. Masalah routing kendaraan (VRP) adalah optimasi kombinatorial dan masalah pemrograman integer yang menanyakan "Berapa rute yang optimal untuk armada kendaraan untuk dilalui agar bisa dikirim ke satu set pelanggan?". Ini menjelaskan masalah salesman keliling yang terkenal (TSP) yang akan dikembangkan dengan penyelesaian menggunakan Algorithm Differential Evolution dengan masalah yang diambil yakni Capacitated Vehicle Routing Problem CVRP). Tolak ukur yang digunakan pada metode ini adalah jarak antaroutlet dimulai dari mengukur masing – masing jarak dari gudang menuju oulet dan kembali ke gudang. Pada penelitian ini dilakukan perhitungan untuk mengukur jarak terpendek dari 67 lokasi outlet yang tersebar pada wilayah distribusi Sirimau dan serta wilayah distribusi Nusaniwe. Hasil olahan data metode Branch and Bound menunjukkan bahwa dari 3 wilayah distribusi dapat diperoleh 5 rute optimal yang hasilnya dibandingkan dengan hasil olahan data menggunakan Algorithm Differential Evolution dengan wilayah distribusi keseluruhan diperoleh 4 rute optimal yaitu 1 didapat jarak sebesar 9.93 Km dengan total waktu 37.24 menit, rute 2 sebesar 12,66 Km dengan total waktu 39,99 menit, rute 3 sebesar 24,74 Km dengan total waktu 49,48 menit, rute 4 sebesar 9.5 Km dengan total waktu 21.59 menit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bowersox, D.J (2002). Logistical Management, Macmillan Publishing coInc
Bräysy, O. (2001). Genetic Algorithm for Vehicle Routing Problem with Time Windows, Department of Mathematics and Statistics, University of Vaasa, Finlandia.
Clark. G and Wright. J.W, (1964). Scheduling of Vehicles from a Central Depot to a Number of Delivery Points, Operation Research, Vol 12, pp 568-581.
Dantzig, G. B. and Ramser, J.(1959), The Truck Dispatching Problem, Management Science, Vol 6, No1, pp. 80-91.
Fradina. S.E dan Saptaningtyas. F. Y, (2017). Penerapan Algoritma Sweep dan Algoritma Genetika pada Penyelesaian Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) untuk Optimasi Pendistribusian Gula, Jurnal Matematika, Vol 6, No 2, pp 63-65.
Lawler.E.L, Lenstra.J.K, Rinooy Kan.A.H.G, and Shimoys.D.B (1983). The Traveling Salesman Problem (a Guided Tour of Combinatorial Optimization), Jhon Wiley&Sons, Chichester.
Paillin. D.B dan Tupan. J.M (2018). Pemecahan Traveling Salesman Problem Menggunakan Teknik Branch and Bound dan Cheapest Insertion Heuristic (Studi Kasus: PT. Paris Jaya Mandiri–Ambon). Prosiding Seminar dan Konfrensi Nasional IDEC. 110-120. (Surakarta, 7-8 Mei 2018).
Paillin, D. B. dan Wattimena, E.(2015). Penerapan Algoritma Sequential Insertion dalam Pendistribusian BBM di Kawasan Timur Indonesia (Studi Kasus pada PT Pertamina UPMS VIII Terminal Transit Wayame-Ambon), ARIKA, Vol 9, No 1 pp. 53-62.
Santosa. B dan The Jin Ai, (2017). Pengantar Metaheuristik (Implementasi dengan Matlab), ITS Tekno Sains, Surabaya
Sosebeko, Filinda. (2017). Penentuan Rute Optimal Distribusi Produk Nestle dengan Menggunakan Metode Traveling Salesman Problem (TSP). Ambon: Jurnal Teknik Industri
Published
2019-07-10
How to Cite
Paillin, D. (2019). PENERAPAN ALGORITMA DIFFERENTIAL EVOLUTION UNTUK PENYELESAIAN PERMASALAHAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (CVRP) (Studi Kasus: PT. Paris Jaya Mandiri). ALE Proceeding, 2, 147-153. https://doi.org/10.30598/ale.2.2019.147-153