PEMILIHAN ALTERNATIF BAHAN BAKAR MESIN PEMBANGKIT PLTD MENGGUNAKAN METODE VALUE ENGINEERING

  • Billy J Camerling Universitas Pattimura
Keywords: Keputusan, Performansi, Value, Value Engineering

Abstract

Abstrak Pusat Listrik Tenaga Diesel (PLTD) adalah pembangkit listrik yang menggunakan mesin diesel berbahan bakar High Speed Diesel (HSD) atau solar. Dengan digunakannya bahan bakar konvensional selain dilihat dari sisi kadar polusi pada gas buang kemungkinan pembangkit ini sulit untuk dioperasikan di masa mendatang dikarenakan persediaan minyak bumi dunia yang semakin menipis. Selain itu pasar minyak dunia yang tidak stabil menjadikan bahan bakar utama PLTD ini semakin mahal. Padahal di sisi lain, PLN dipaksa untuk menjual energi listrik dengan harga yang murah dan ramah lingkungan. Apabila hal ini tidak diantisipasi maka PLN akan mengalami kerugian serta mendapat label sebagai perusahaan yang tidak ramah lingkungan. Saat ini PLTD Namlea dihadapkan terhadap lima pilihan alternatif bahan bakar. Penelitian ini mencoba untuk menganalisa keputusan pemilihan alternatif bahan bakar menggunakan metode Value Engineering sehingga bahan bakar terpilih merupakan alternatif bahan bakar terbaik yang digunakan PLN khususnya PLTD Namlea dalam proses produksi energi listrik. Dari ke lima pilihan alternatif bahan bakar tersebut, alternatif bahan bakar terpilih adalah alternatif ke 4 yaitu Penggunaan Bio Solar (B20) + Thermol D yang memiliki performansi 58.2249387440 dan value 1.13270657 atau lebih unggul dari alternatif awal (Campuran HSD dan Bio Solar) serta terbukti dapat menurunkan biaya pokok produksi sebesar Rp. 54,- per kWh dan subsidi pemerintah sebesar Rp. 1.229,- per kWh dari alternatif awal yang sedang digunakan saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardhita Hendriarto , Puji Saksono , Gunawan. Analisa Perbandingan Penggunaan Bahan Bakar Solar Dengan Biodiesel B10 Terhadap Performansi Engine Cummins QSK 45 C, Jurnal Teknologi Terpadu NO. 1 VOL. 4 Juni 2016 ISSN 2338 – 6649, Fakultas Teknologi Industri Universitas Balikpapan
Camerling, Billy J. (2000). Penerapan Metode Rekayasa Nilai Pada Penentuan Peralatan Trawl Kapal. Tesis Magister Teknik pada ITS Surabaya.
Johan F. Wattimury. (1998). “Penerapan Rekayasa Nilai (Value Engineering) Pada Mesin Induk Kapal, Tugas Akhir, Teknik Industri ITS Surabaya
Heller, Edward. D. (1971). Value Management : Value Engineering and Cost Reduction. Pillipines : Wesley Publishing Company, Inc.
Luqman Buchori, I. Istadi, P. Purwanto, Perkembangan Proses Produksi Biodiesel Sebagai Bahan Bakar Alternatif , Prosiding Seminar Nasional Teknik Kimia “Kejuangan” ISSN 1693-4393 Pengembangan Teknologi Kimia untuk Pengolahan Sumber Daya Alam Indonesia Yogyakarta, 18 Maret 2015
Masbachul Ulum. (1996). Penerapan Rekayasa Nilai pada Perencanaan Lambung Kapal Nelayan. Tugas Akhir pada Teknik Industri ITS Surabaya.
Muhamad As'adi, Kaji Eksperimental Keausan Komponen Mesin Diesel Berbahan Bakar Biodiesel dan Solar, Teknik Mesin. Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta, 2018, Documents Professional Platform - PDF Download Free, https://adoc.tips/
Miles, Lawrence. D. (1972). Techniques of Value Engineering and Analysis (2nd ed.). New York : Mc Graw Hill Inc.
Priyohadi Kuncahyo, Aguk Zuhdi M. Fathallah. (2014). Analisa Prediksi Potensi Bahan Baku Biodisel Sebagai Suplemen Bahan Bakar Motor Diesel di Indonesia, Jurnal Teknik POMITS Vol. 2, No. 1, (2014) ISSN: 2337-3539 (2301-9271 Print)
Soni S. Wirawan, Armansyah H. Tambunan, Martin Djamin, Hiroshi Nabetani, dan Arief Sabdo Yuwono, Studi Efek Penggunaan Biodiesel Terhadap Emisi Pada Sektor Transportasi di Jakarta, Jurnal Teknik Lingkungan. Vol 9. No 2. Hal 211-219, Jakarta Mei 2008, ISSN 1441-318X, BPPT
Thomas. L. Saaty (1976). Pengambilan Keputusan Bagi Para Pimpinan. Hal 85.
Wiranto Arismunandar, Koichi Tsuda. (1986). Motor Diesel Putaran Tinggi. Jakarta : PT. Pradnya Paramita.
Published
2019-07-10
How to Cite
Camerling, B. (2019). PEMILIHAN ALTERNATIF BAHAN BAKAR MESIN PEMBANGKIT PLTD MENGGUNAKAN METODE VALUE ENGINEERING. ALE Proceeding, 2, 261-268. https://doi.org/10.30598/ale.2.2019.261-268