ANALISA PENGARUH HAULING DAN PURSSING KAPAL PURE SEINE DI MALUKU

  • Obed Metekohy Universitas Pattiimura
Keywords: Stabilitas, Hauling & Purssing, Kapal Pure Seine

Abstract

Kapal ikan pure seine yang beroperasi di perairan Maluku termasuk sarana perikanan tangkap yang produktif. Tetapi mempunyai banyak kelemahan karena pembuatannya secara tradisional banyak menyimpang dari syarat teknis rancang bangun kapal. Stabilitas kapal yang diharapkan dapat menjamin kontinyutas pengoperasian penangkapan pada saat hauling sering menjadi kendala sehingga operasional penangkapan harus dihentikan, untuk menghindari terjadinya
resiko kecelakaan dilaut. Penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh stabilitas kapal dalam mengoperasikan alat tangkap pada saat hauling. Metode yang digunakan adalah metode survey terhadap ukuran pokok kapal yang sudah ada di perairan Maluku. Analisa stabilitas hauling menggunakan kriteria Stabilitas US Navy dan Metode Macchi untuk menganalisa Momen tarik alat tangkap dan hasil tangkapan. Hasil pengukuran stabilitas dinamis kapal penelitian pada saat hauling bergantung pada hasil tangkapan, semakin besar hasil tangkapan maka kemiringan kapal menjadi lebih besar, dengan hasil tangkapan 0.93 ton dan berat alat tangkap 3.237 ton membentuk sudut kemiringan sebesar 12° dengan nilai GZ = 0.20 meter kemudian setelah dianalisa menurut kriteria stabilitas US Navy menunjukkan ferforma stabilitasnya sangat baik, karena sudut C < 15° dan nilai GZ pada saat hauling ≤ 0.30 meter, namun kapal akan mengalami kondisi kritis sesuai hasil analisa Metode Macchi apabila momen tarik alat tangkap dan hasil tangkapnya melebihi momen tarik total maksimum yang diijinkan yaitu > 12.332 ton.meter pada sudut kemiringan dinamis > 24°

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-26
How to Cite
Metekohy, O. (2018). ANALISA PENGARUH HAULING DAN PURSSING KAPAL PURE SEINE DI MALUKU. ALE Proceeding, 1, 57-62. https://doi.org/10.30598/ale.1.2018.57-62