DESAIN KEMASAN MINUMAN BUBUK SARI PALA MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING

  • Stevianus Titaley Universitas Pattimura
  • Ariviani L Kakerissa Universitas Pattimura
Keywords: Kansei Engineering, Kansei Word, Kemasan Minuman Bubuk, Citra/Image Konsumen

Abstract

Abstrak Dalam memilih suatu produk dan memutuskan untuk membeli, konsumen akan selalu dipengaruhi oleh perasaannya. Oleh karena itu, hal ini sebaiknya dipertimbangkan oleh produsen pada saat merancang produk. Salah satu aspek penting dalam produk adalah kemasan.Tujuan dari penelitian ini adalah merancang kemasan dengan menentukan nilai-nilai kategori untuk mendapatkan output dari desain kemasan minuman bubuk sari pala. Metode yang digunakan adalah Kansei Engineering.Kansei Engineering dapat didefiniskan sebagai sebuah metodologi untuk menerjemahkan proses-proses psikologis manusia terhadap desain produk yang diinginkan, dengan cara mendefinisikan keinginan konsumen yang teridentifikasi melalui kata-kata kansei ke dalam desain produk. Analisa Conjoint digunakan untuk mendapatkan nilai hubungan antara desain elemen dan kansei word. Hasil dari penelitian ini adalah peneliti mendapatkan 7 pasang kansei word yang mewakili kata-kata yang tepat dengan mempertimbangkan produk yang ditawarkan. Berdasarkan hasil dari analisa Conjoint didapatkan tampilan desain yang terlihat sederhana, dari bahan plastik, dengan campuran warna hijau kuning, ilustrasi gambar buah pala dengan ukuran sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hahury Hendri Dony, (2016), Fenomena Sosial-Ekonomi Petani Pala di Negeri Booi, Pulau Saparua. Dokumen Progress Report Disertasi Program Doktor Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.
Julianti Sri (2014), The Art of Packaging: Mengenal Metode, Teknik dan Strategi Pengemasan Produk untuk Branding dengan Hasil Maksimal, Gramedia, Jakarta.
Klimchuk, Marianne Rosner dan Krasovec, Sandra A. (2007), Desain Kemasan: Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan, Erlangga, Jakarta.
Kotler Philip & Armstong Garry (2006), Principles of Marketing, 11th Edition, New Jersey Prentice Hall, Pearson education, Inc., Upper Saddle River, New Jersey.
Lestari Dwi Arum Sri (2013), Redesain Kemasan Produk Makanan Ringan Aneka Gorengan Super 2R, Tugas Akhir, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, 2013.
Nagamachi (1995), Kansei Engineering : A New Ergonomic Consumer Oriented Technology for Product Development, International Journal of Industrial Ergonomics, Vol 15, Hal 3-11, Japan.
Wirya, Iwan (1999), Kemasan Yang Menjual, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Published
2018-04-26
How to Cite
Titaley, S., & Kakerissa, A. (2018). DESAIN KEMASAN MINUMAN BUBUK SARI PALA MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING. ALE Proceeding, 1, 176-182. https://doi.org/10.30598/ale.1.2018.176-182