PERENCANAAN PRODUKSI KERAJINAN KULIT KERANG MUTIARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE AGREGAT DI KOTA AMBON

  • Marcy L. Pattiapon Universitas Pattimura
  • Nil Edwin Maitimu Universitas Pattimura
Keywords: Perencanaan Persediaan, Forecasting, agregat

Abstract

Maluku merupakan daerah kepulauan yang kaya akan hasil alam terutama laut yang diantaranya yaitu kerang mutiara. Salah satu industri kecil yang cukup berkembang adalah industri kerajinan dari kulit kerang mutiara, kulit kerang mutiara di manfaatkan dan di olah sebagai kerajinan yang bernilai seni tinggi merupakan salah satu ciri khas dari daerah Maluku yang merupakan salah satu pilihan cinderamata yang cukup diminati oleh wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Kerang selain dikonsumsi, kerang juga menghasilkan mutiara dan sering dibuat menjadi perhiasan seperti kalung, gelang, cincin dan hiasan dinding dan berbagai aksesoris.
Terjadinya fluktuasi permintaan dari waktu ke waktu menyebabkan perlunya perencanaan persediaan dengan melakukan peramalan kebutuhan dimasa yang akan datang.Peramalan yang digunakan adalah Time Series Moving Average dan Single Exponential Smoothing.
Hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa yang menyerap modal terbesar adalah kerangmutiara, profil, kain bludru dan kaca. Peramalan dengan Moving Average (MA) = 4 bulan mempunyai nilai error tekecil dengan hasil prakiraan peramalan adalah 57 kg. Dengan total biaya sebesar Rp. 5.156.847.779.Alternatif yang digunakan dalam perencanaan agregat adalah strategi dengan hari kerja regular tetap dan strategi lembur, yaitu selama 26 hari/bulan, dengan kapasitas produksi 39 unit produk jadi kulit kerang. Dengan total biaya adalah sebesar Rp. 243.650.000.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bedworth, D.D. and J.E. Bailey. 1987. Integrated
Production Control Systems: Management,
Analysys, Design. Second Edition. New York:
John Wiley andSons.
Gaspersz, V. (2004), Production Planning And
Control. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Handout Perencanaan dan Pengendalian Produksi,
ITB, Bandung, 2004.
Makridakis, S.dan Wheelwright S C., Metode dan
Aplikasi Peramalan Jilid 1, Jakarta:
Erlangga, 1991
Nasution, A. H. (1999), Perencanaan dan
Pengendalian Produksi. Guna Widya, Jakarta.
Published
2019-07-10
How to Cite
Pattiapon, M., & Maitimu, N. (2019). PERENCANAAN PRODUKSI KERAJINAN KULIT KERANG MUTIARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE AGREGAT DI KOTA AMBON. ALE Proceeding, 2, 154-157. https://doi.org/10.30598/ale.2.2019.154-157