INOVASI KONSTRUKSI PERAHU TRADISIONAL; SATU UPAYA MEMPERBAIKI AKSES PERAHU PENYEBERANGAN TELUK AMBON

  • Reico H. Siahainenia Universitas Pattimura
Keywords: Perahu, atap, akses

Abstract

Akses masuk-keluar penumpang perahu menjadi salah satu kendala konstruktif lemahnya kompetisi perahu dengan angkutan kota yang melalui jembatan penyeberangan Merah Putih. Bubungan atap rendah (± 1,4m di buritan, 1m di haluan) sehingga penumpang dewasa harus menunduk ±(60-80)°. Pandangan penumpang terhalang karena konstruksi atap permanen dengan najung perahu. Waktu penyeberangan lama karena setelah mendekati tempat tujuan perahu harus berbalik arah. Kendala ini diselesaikan dengan cara menerapkan kunstruksi atap yang dapat diatur, dibuka dan ditutup. Balok bubungan terbagi dua (kiri-kanan) dan berkunci. Balok kuda-kuda sisi kiri dan kanan dibagi dua dan dikoneksi dengan engsel berkunci. Saat penumpang akan naik, atap dibuka, dan bila diinginkan dibiarkan terbuka, tetapi bila ingin ditutup, maka atap dapat ditutup dan dikunci selama perjalanan. Penentuan dimensi konstruksi atap dilakukan pada softwere Ansys Workbench. Bila atap dibuka, terdapat jalan bebas sepanjang perahu dan selebar 0,80 m. Hambatan udara ditentukan terhadap luas proyeksi terbesar perahu, setelah melakukan variasi luas proyeksi perahu. Hambatan maksimum udara posisi atap tertutup adalah sebesar 2,88 Kg, saat terbuka 1,09 Kg. Dimensi penampang balok : Bubungan (5x7)cm, Kuda-kuda (5x5)cm, Najung (5x5)cm, Antar Najung (5x5)cm, skor (5x7). Kapabilitas baru perahu penyeberangan yang beratap unik ini akan memberi peluang lebih besar pada pilihan penyeberang Poka-Galala pulang pergi. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

J. Malisan. (2017). Analisis Tingkat Pelayanan Terminal Penumpang Pelabuhan Balikpapan, Jurnal Penelitian Transportasi Laut No 19, PP. 76-87.

L. Sitinjak, C. Sitindaon, (2019). Pemilihan Moda Transportasi Pematangsiantar Menuju Bandara Silangit Dengan Metode Stated Preference. Jurnal Rekayasa Konstruksi Teknik Sipil No 1, PP. 43-57.

R. Mulyadi, S. Wijaya, Suwarjo. (2020). Analisa Struktur Rangka Atap Gedung Rektorat Universitas Muara Bungo (Rangka Kuda-kuda Type Single Beam Frame). Jurnal Komposits No 1 PP. 1-28.

K. Sputra, S. Purnawati, I.B.A. Swamardika, L.M.I. Adiputra, I.G.N. Priambadi, I.M.K. Dinata. (2020). Kursi Lantai dan Penataan Layout Meningkatkan Work Engagement dan Produktivitas Pekerja Pembuatan Atap Alang-Alang. Jurnal Ergonomi Indonesia No 1 PP.1-7

R. Indriyati, M. Affifuddin, A. Munir. (2018). Kajian Kepuasan Pengguna Rumah Bantuan Cinta Kasih Panteriek Banda Aceh, Jurnal Arsip Rekayasa dan Perencanaan No 1, PP. 83-93.

Fauzi, Z. Zaed, D. Wahyudi. (2019). Analisa Teknik Modifikasi Kapal Rib BL S 32 Dengan Pendekatan CFD. Jurnal Midship No 2 PP 1-10.

Y. Sheng (2020). A Review of the Calculation methods of Lifting Capacity in Wind Loads on Ocean Platform. Open Journal of Marine Science No 11 PP. 69-79.

R. Yanti (2018). Perencanaan Under Water Sightseeing Boat untuk Sarana Wisata Pulau Weh, Sabang.

K. Ondara, G. Rahmawan, U. Wisha (2017). Karakteristik Hidrodinamika di Perairan Teluk Ambon Untuk Mendukung Wisata Selam, Jurnal Kelautan No 1, PP. 67-77.

Published
2022-10-17
How to Cite
Siahainenia, R. (2022). INOVASI KONSTRUKSI PERAHU TRADISIONAL; SATU UPAYA MEMPERBAIKI AKSES PERAHU PENYEBERANGAN TELUK AMBON. ALE Proceeding, 5, 7-11. https://doi.org/10.30598/ale.5.2022.7-11