INOVASI KONSTRUKSI PERAHU TRADISIONAL; SATU UPAYA MEMPERBAIKI AKSES PERAHU PENYEBERANGAN TELUK AMBON
Abstract
Akses masuk-keluar penumpang perahu menjadi salah satu kendala konstruktif lemahnya kompetisi perahu dengan angkutan kota yang melalui jembatan penyeberangan Merah Putih. Bubungan atap rendah (± 1,4m di buritan, 1m di haluan) sehingga penumpang dewasa harus menunduk ±(60-80)°. Pandangan penumpang terhalang karena konstruksi atap permanen dengan najung perahu. Waktu penyeberangan lama karena setelah mendekati tempat tujuan perahu harus berbalik arah. Kendala ini diselesaikan dengan cara menerapkan kunstruksi atap yang dapat diatur, dibuka dan ditutup. Balok bubungan terbagi dua (kiri-kanan) dan berkunci. Balok kuda-kuda sisi kiri dan kanan dibagi dua dan dikoneksi dengan engsel berkunci. Saat penumpang akan naik, atap dibuka, dan bila diinginkan dibiarkan terbuka, tetapi bila ingin ditutup, maka atap dapat ditutup dan dikunci selama perjalanan. Penentuan dimensi konstruksi atap dilakukan pada softwere Ansys Workbench. Bila atap dibuka, terdapat jalan bebas sepanjang perahu dan selebar 0,80 m. Hambatan udara ditentukan terhadap luas proyeksi terbesar perahu, setelah melakukan variasi luas proyeksi perahu. Hambatan maksimum udara posisi atap tertutup adalah sebesar 2,88 Kg, saat terbuka 1,09 Kg. Dimensi penampang balok : Bubungan (5x7)cm, Kuda-kuda (5x5)cm, Najung (5x5)cm, Antar Najung (5x5)cm, skor (5x7). Kapabilitas baru perahu penyeberangan yang beratap unik ini akan memberi peluang lebih besar pada pilihan penyeberang Poka-Galala pulang pergi.
Downloads
References
J. Malisan. (2017). Analisis Tingkat Pelayanan Terminal Penumpang Pelabuhan Balikpapan, Jurnal Penelitian Transportasi Laut No 19, PP. 76-87.
L. Sitinjak, C. Sitindaon, (2019). Pemilihan Moda Transportasi Pematangsiantar Menuju Bandara Silangit Dengan Metode Stated Preference. Jurnal Rekayasa Konstruksi Teknik Sipil No 1, PP. 43-57.
R. Mulyadi, S. Wijaya, Suwarjo. (2020). Analisa Struktur Rangka Atap Gedung Rektorat Universitas Muara Bungo (Rangka Kuda-kuda Type Single Beam Frame). Jurnal Komposits No 1 PP. 1-28.
K. Sputra, S. Purnawati, I.B.A. Swamardika, L.M.I. Adiputra, I.G.N. Priambadi, I.M.K. Dinata. (2020). Kursi Lantai dan Penataan Layout Meningkatkan Work Engagement dan Produktivitas Pekerja Pembuatan Atap Alang-Alang. Jurnal Ergonomi Indonesia No 1 PP.1-7
R. Indriyati, M. Affifuddin, A. Munir. (2018). Kajian Kepuasan Pengguna Rumah Bantuan Cinta Kasih Panteriek Banda Aceh, Jurnal Arsip Rekayasa dan Perencanaan No 1, PP. 83-93.
Fauzi, Z. Zaed, D. Wahyudi. (2019). Analisa Teknik Modifikasi Kapal Rib BL S 32 Dengan Pendekatan CFD. Jurnal Midship No 2 PP 1-10.
Y. Sheng (2020). A Review of the Calculation methods of Lifting Capacity in Wind Loads on Ocean Platform. Open Journal of Marine Science No 11 PP. 69-79.
R. Yanti (2018). Perencanaan Under Water Sightseeing Boat untuk Sarana Wisata Pulau Weh, Sabang.
K. Ondara, G. Rahmawan, U. Wisha (2017). Karakteristik Hidrodinamika di Perairan Teluk Ambon Untuk Mendukung Wisata Selam, Jurnal Kelautan No 1, PP. 67-77.
Copyright (c) 2022 Reico H. Siahainenia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the ALE Proceeding agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants ALE Proceeding the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.