ANALISIS KEANDALAN KOGNITIF (COGNITIVE RELIABILITY) PADA TUGAS DOSEN

  • Choirul Bariyah Universitas Ahmad Dahlan
  • Isana Arum Primasari Universitas Ahmad Dahlan
  • Endra Nugroho Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: CREAM , Human Reliability, Human Error, Human Performance

Abstract

Program studi E memiliki 11 orang  dosen yang aktif melaksanakan tugas mengajar. Kondisi yang ada menunjukkan kejadian berulang yang menggambarkan adanya permasalahan dalam pelaksanaan pengajaran. Pertama jumlah pelaksanaan pengajaran tidak memenuhi standar pertemuan minimal yang disayaratkan. Tercatat dalam proses pemantauan perkuliahan yaitu di minggu ke-4, ke-8 dan ke-12. Kedua terdapat keluhan mahasiswa atas perubahan jadwal perkuliahan  karena dosen berhalangan . Ketiga keterlambatan pengumpulan soal ujian maupun pengumpulan  nilai akhir. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis potensi terjadinya ketidaksesuaian  pengajaran sejak perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi hasil pengajaran yang dijalankan oleh dosen Program Studi E. Analisis dilakukan dengan metode Cognitive Reliability and Error Analysis Method (CREAM). Mekanisme CREAM adalah melakukan penilaian atas Common Performance Condition (CPC) yang melingkupi pelaksanaan pengajaran yang dijalankan. Berdasarkan analisis dengan CREAM pada tahap basic version diperoleh informasi bahwa 9% dosen termasuk dalam control mode strategic, 82% tactical, 9 % opportunistic, dan 0% scrambled. Probabilitas kesalahan terbesar pada sub task 3.1. yaitu penyusunan portofolio mata kuliah yang merupakan bagian dari task 3 (evaluasi) dengan nilai rata-rata CFP sebesar 0.10 dengan nilai tertinggi pada responden 6 sebesar 0.72.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. Dewan Perwakilan Rakyat, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 4 Tentang Guru Dan Dosen, no. 2. 2005.

A. S. Ira Novira, Arief Rahman, “Perancangan Alat Ukur Human Cognitive Reliability dengan Menggunakan Cognitive Reliability and Error Analysis Method.”

C. Bariyah, M. M. Sagita, and D. Ramadona, “Analisis Beban Kerja Subjektif Dan Potensi Human Error Pada Tugas Dosen,” 2019.

R. Purwaningsih and A. Sugiyanto, “Analisis Beban Kerja Mental Dosen Teknik Industri Undip Dengan Metode Subjective Workload Assessment Technique (Swat),” J@Ti Undip J. Tek. Ind., vol. 2, no. 2, pp. 28-39–39, 2012.

G. Yogisutanti, H. Kusnanto, L. Setyawati, and Y. Otsuka, “Pengaruh Pelatihan Pengendalian Kelelahan Kerja terhadap Peningkatan Pengetahuan Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan di Bandung,” J. Ilmu Kesehat. Immanuel, vol. 7, no. December, pp. 1–13, 2015.

N. Ardiyanti, I. Wahyuni, and S. Jayanti, “Hubungan Beban Kerja Mental Dengan Kelelahan Kerja Pada Tenaga Keperawatan Dan Tenaga Kebidanan Di Puskesmas Mlati Ii Sleman Yogyakarta,” J. Kesehat. Masy., vol. 5, no. 5, pp. 264–272, 2017.

D. Dawson, “8 . 0 Shift Management : The Role of Fatique in Human Error,” Symp. A Q. J. Mod. Foreign Lit.

A. Dahlan and B. Widanarko, “Impact of Occupational Fatigue on Human Performance amongOil and Gas Workers in Indonesia,” Kesmas, vol. 17, no. 1, pp. 54–59, 2022, doi: 10.21109/kesmas.v17i1.5390.

Capt. Sameh Kabary Rashed, “The Concept of Human Reliability Assessment Tool CREAM and Its Suitability for Shipboard Operations Safety,” J. Shipp. Ocean Eng., vol. 6, no. 6, pp. 348–355, 2016, doi: 10.17265/2159-5879/2016.06.001.

M. Marseguerra, E. Zio, and M. Librizzi, “Quantitative developments in the cognitive reliability and error analysis method (CREAM) for the assessment of human performance,” Ann. Nucl. Energy, vol. 33, no. 10, pp. 894–910, 2006, doi: 10.1016/j.anucene.2006.05.003.

M. Asbullah, “Pengaruh Pengalaman Kerja dan Diklat Terhadap Kinerja Dosen Universitas Tama Jagakarta,” J. Anal. Ekon. Utama Vol. X, Nomor 2, vol. 15, no. 2, pp. 1–23, 2016.

Published
2022-10-17
How to Cite
Bariyah, C., Primasari, I., & Nugroho, E. (2022). ANALISIS KEANDALAN KOGNITIF (COGNITIVE RELIABILITY) PADA TUGAS DOSEN. ALE Proceeding, 5, 18-24. https://doi.org/10.30598/ale.5.2022.18-24