RENCANA PENGEMBANGAN USAHA GETAH DAMAR DENGAN METODE SWOT DAN QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIKS)

  • Richard A. de Fretes Universitas Pattimura
  • Fransina Tibalilatu Universitas Pattimura
Keywords: Getah damar, Rencana pengembangan usaha, SWOT, QSM

Abstract

Masyarakat Kabupaten Seram Bagian Barat, khususnya masyarakat desa Rambatu dikenal menjual getah damar (kopal) sebagai salah satu pendapatan utama untuk pemenuhan kebutuhan hidup. Hasil hutan bukan kayu dapat memberikan atau meningkatkan usaha dan pendapatan masyarakat sekitar hutan salah satunya adalah damar. Luas lahan dan jumlah produksi  getah damar (kopal) yang ada  di  daerah  tersebut  sangat  besar  dengan  rencana pengembangan usaha yang dilakukan masih sangat sederhana. Dengan masih menggunakan proses yang sangat sederhana dengan metode penjualan dan proses promosi yang masih sangat simpel sehingga membuat para petani damar kesulitan dalam memproduksi dan meningkatkan harga damar. Maka untuk membantu meningkatkan unit usaha getah damar (kopal) kering kita memerlukan suatu strategi yang dimana dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan, untuk meningkatkan pendapatan kita memerlukan suatu strategi yang baik, sehingga memberikan dampak sangat urgen bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.. Pendekatan yang digunakan dalam menganalisis pengembangan usaha getah damar (kopal) adalah menggunakan metode SWOT dan QSPM untuk merumuskan strategi dan memprioritaskan strategi yang akan digunakan untuk mengembangkan usaha getah damar (kopal). Hasil penelitian menunjukan bahwa usaha getah damar (kopal) ada dalam kondisi pertahankan sementara matriks SWOT mendapatkan 4 strategi besar yakni SO, ST, WO dan WT dengan beberapa sub strategi yang ada sementara hasil analisis QSPM menempatkan yang menjadi prioritas untuk dijalankan adalah strategi WT dengan nalai TAS sebesar 5,015.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Th. M. Silaya. 2011. Kearifan Masyarakat Lokal dalam Pengelolaan Sumber daya Hutan di Daerah Pegunungan Kabupaten Seram Bagian Barat.

Anonim, 2000. Laporan Tahunan Dinas Kehutanan Provinsi Maluku-Ambon.

L.P.L. Kainama. 1992. Persepsi Masyarakat Seram Barat terhadap Pohon Damar. Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat. Skripsi, Fakultas Pertanian Unpatti.

R. Oszaer. 2006. Perencanaan Pengelolaan Hutan pada Pulau-Pulau Kecil; Prociding Workshop Pembangunan Hutan Maluku dan Maluku Utara. Kerjasama Fakultas Pertanian Unpatti – Departemen Kehutanan - National Forest Programme (FAO).

Th. Silaya. 2007 Kajian Aspek Manajemen, Ekonomi dan Lingkungan Agroforestry Tradisional “Dusung” pada Beberapa Desa di Pulau Ambon

E. Santo. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Jakarta: PT. Refika.

F. R. David. 2009. Manajemen Strategi Konsep. Buku I, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

R. A. de FRETES (2013), Strategi Perencanaan dan pengembangan industry pariwisata, Jurnal Ilmiah Rekayasa Mesin, Media Ilmuan & Praktisi Teknik Industri, ISSN 1978-1105 Vol.1 No.1 pp. 14-24.

Published
2022-10-17
How to Cite
de Fretes, R., & Tibalilatu, F. (2022). RENCANA PENGEMBANGAN USAHA GETAH DAMAR DENGAN METODE SWOT DAN QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIKS). ALE Proceeding, 5, 141-147. https://doi.org/10.30598/ale.5.2022.141-147