ANALISIS TEKANAN ANGIN AIRBAG SAAT PELUNCURAN KAPAL
Abstract
Penurunan kapal dengan metode airbag memiliki potensi risiko yang besar terhadap dampak pada kerusakan kapal. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan masih adanya kecelakaan penurunan kapal dengan metode airbag. Pada kapal monohull (lambung tunggal), posisi airbag dan tekanan angin pada airbag sangat mempengaruhi posisi kapal saat peluncuran agar posisi kapal tetap stabil dan tidak mengalami kondisi kritis seperti tipping, dropping dan stern lift. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar tekanan angin yang harus dimasukkan saat peluncuran kapal monohull dengan menggunakan airbag dan menganalisa tekanan angin setiap airbag . Penelitian ini dilakukan secara eksperimental di Laboratorium Slipway Fakultas Teknik Universitas Pattimura pada kapal sebenarnya. Peluncuran periode pertama, tekanan angin pada airbag (F1) adalah 0,66 lebih besar dari nilai F3 yaitu 0,62 dengan besar tekanan angin pada airbag 0,24 bar di airbag pertama. Periode kedua mulai dari buritan kapal menyentuh air hingga lambung kapal memasuki air dengan nilai momen gaya apung total terhadap ujung depan airbag kapal memiliki nilai 3,444 Nm dan nilai momen berat kapal terhadap ujung depan airbag adalah 154,753 Ton meter dan besar tekanan angin 0,24 bar pada airbag kedua sampai keempat. Periode ketiga seluruh lambung kapal masuk air hingga airbag terakhir dapat tekanan air dengan nilai momen gaya apung total terhadap ujung depan airbag bernilai 18,892 Nm dan pada tahap empat 90,220 Nm dan nilai momen berat kapal terhadap ujung depan airbag pada kapal dengan nilai 154,753 Ton meter dan besar tekanan angin 0,175 bar di airba, lima dan enam. Periode keempat mulai airbag mendapat tekanan air hingga seluruh airbag terlepas dengan nilai momen gaya apung total terhadap ujung depan airbag memiliki nilai 90,21966639 Nm dan nilai momen berat kapal terhadap ujung depan airbag pada kapal yaitu 154,7527366 Ton meter dan besar tekanan angin 0,375 bar di airbag enam dan 0,175 bar pada airbag tujuh dan delapan.
Downloads
References
Ruspanah, J., Peluncuran Kapal. Jurnal Kelautan Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, P84-89, 2007.
Sitepu, G., Hamzah dan Firu, L.O.A.R., Kajian Penggunaan Fasilitas Dok Sistem Airbags Di PT DOK dan PERKAPALAN KODJA BAHARI Galangan II, Jakarta, Jurnal Riset dan Teknologi Kelautan Vol. 10, Nomor 2, Juli – Desember 2012.
Nezhad, A. E., Airbag-Ship launching, Marine conference, Departemen of Mechanical Engginering, Sharif University of Technologi, Islamabat P158-166, 2017.
Al-Fian, M. F., Riantini, R., dan Subekti, A., Identifikasi Bahaya Proses Launching Kapal Menggunakan Sistem Marine Air bag Ship Pada Slipway Area Galangan Kapal PT Daya Radar Utama Unit Lamongan, Proceeding 1st Proceeding Conference on Safety Engineering and Its Apllication Vol. 1 Book 2 2 September 2017.
Wisnawa, T.S., Pribadi, T.W., dan Baihaqi, I., Analisis Risiko Terjadinya Kerusakan Kapal Pada Proses Penurunan Dengan Metode Air bag, Jurnal Teknik ITS Vol. 6, No.1 2017.
Ariany, Z., Analisa Perhitungan Ballast Pada Peluncuran Menyamping (Side Launching) Kapal Sungai 200 GT Di PT DKB (Persero) Cabang Semarang, Gema Teknologi Vol. 19. No. 4 Periode Oktober 2017 – April 2018.
Volenyuk, L.S. and Rashkovskyi, A.S., Ship stability analysis during launching from longitudinal sloping slipway by pneumatic air bags, Journal International Shipbuilding Progress, Vol. 64, no 1-2, p.41-50, 2017.
Fitriadhy, A., and Malek, A.M.A., Computational Fluid dynamics Analysis of a Ship’s Side Launcing In Restricted Water, Journal of Mechanical Engineering and Sciencies Vol. 11, Issue 4, p.2993-3003, December 2017.
Putra, I.D., Suwasono, B., dan Munazid, A., Penggunaan Rolling Air bag Slipway Pada Peluncuran Memanjang Periode I, Jurnal Sain dan Teknologi Vol. 9, No. 1 Februari 2011.
Tinandri, R.Q., Wahidin, A., dan Imron, A., Analisis Desain Layout Air bags Pada Peluncuran kapal Tanker 17500 LTDW Di PT Daya Radar Utama Unit Lamongan, Conference on Design and Manufacture and Its Aplication Vol. 1, No. 1 2017.
Ozkok, M., and Cebi, S., A fuzzy based assessment method for comparison of ship launching methods, Journal of Intelligent & Fuzzy Systems, vol. 26, no. 2, p.781-791, 2014.
Bhasin K., Airbag for safety system in automobile engineering, International Journal of automobile engineering, Volume 10, TJPRC Pvt.Ltd., P1-6 Issue 1 Juni 2020
Copyright (c) 2022 Eliza R. de Fretes, Helly S. Lainsamputty, R. Iriawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the ALE Proceeding agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants ALE Proceeding the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.