APLIKASI METODE SERVICE QUALITY DALAM MENGANALISIS KUALITAS PELAYANAN PT. PLN (PERSERO) PLTD POKA AMBON

  • Imelda Christy Poceratu Universitas Pattimura
  • Nil Edwin Maitimu Universitas Pattimura
Keywords: Layanan Publik, Kepuasan Pelanggan, Servqual

Abstract

Layanan publik (jasa) adalah segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh Instansi Pemerintah di Pusat, di Daerah, dan di lingkungan Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik Daerah, dalam rangka untuk upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan. PT. PLN (Persero) PLTD Poka merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa khususnya kelistrikan. Untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan, maka dilakukan analisis dengan menggunakan metode servqual dan six sigma. Dengan melihat 5 dimensi kualitas sebagai parameter pengukuran yaitu tangible, responsiveness, reliable, assurance, dan empathy. Untuk nilai kesenjangannya sebesar -1,05. Oleh karena itu, atribut yang memiliki gap cukup besar dijadikan prioritas untuk diperbaiki dibandingkan dengan atribut yang memiliki gap lebih kecil. Yang memiliki gap terbesar sesuai dengan lima dimensi jasa yaitu dimensi empathy (empati) dengan nilai gap -1,26.

Downloads

Download data is not yet available.

References

F. Tjiptono. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Edisi Pertama. Penerbit Andi, Yogyakarta, 1997.

V. Gaspersz. Pedoman Implementasi Program Six Sigma Terintegrasi dengan ISO 9001: 2000, MBNQ, dan HACCP. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta, 2002.

W. Oihu, A. Tutuhatunewa, dan A. L. Kakerissa. “Analisis Perbaikan Kualitas Pelayanan Dengan Metode Servqual Dan Triz Pada PT Dream Sukses Airindo (DSA) Ambon”. Jurnal i TABAOS, Vol 2 No. 1, 2022.

E. Hendrawaty. “Pengembangan Konsep Manajemen Mutu Terpadu Bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Jasa Keuangan Cabang Bandar Lampung”. Jurnalis dan Manajemen, Jurnal Ilmiah Berkala Empat Bulan, ISSN 1411- 9366 Volume 2 No. 3. Bandar Lampung, 2006

P. Kotler. Manajemen Pemasaran, Jilid 2. Bumi Aksara. Jakarta, 2000.

S. R. Magal dan N. M. Levenburg. “Using Importance Performance Analysis to Evaluate E-Business Strategies among Small Businesses”. Proceedings of the 38th Hawaii International Conference on System Science, 2005.

M. N. Nasution. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). PT. Ghalia Indonesia. Jakarta, 2001.

P. Sari. “Pengukuran Kualitas Pelayanan Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelnggan Dengan Menggunakan Metode Importance-Performance Analisis (Studi pada Pelanggan PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur APJ Malang UP Dinoyo)”. Skripsi, Universitas Brawijaya Malang, 2008.

F. Rangkuti. Measuring Customer Satisfaction: Teknik Mengukur dan Strategi Mengingkatkan Kepuasan Pelanggan Plus Analisis Kasus. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta, 2008.

A. Parasuraman, V. A. Zeithaml, & L.L. Berry. “SERVQUAL: A multiple- Item Scale for measuring consumer perceptions of service quality”. Journal of Retailing, vol 64, 1988.

Tri Hendradi. Statistik Six Sigma dengan Minitab Panduan Cerdas Inisiatif Kualitas. Andi Yogyakarta, 2006.

H. Umar. Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Gholia Indonesia. Jakarta, 2003.

V. A. Zeithaml, A. Parasuraman, & L.L. Berry. “A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research”. Journal of Marketing, vol. 49, 1983.

Published
2022-10-17
How to Cite
Poceratu, I., & Maitimu, N. (2022). APLIKASI METODE SERVICE QUALITY DALAM MENGANALISIS KUALITAS PELAYANAN PT. PLN (PERSERO) PLTD POKA AMBON. ALE Proceeding, 5, 121-128. https://doi.org/10.30598/ale.5.2022.121-128