IMPLEMENTASI VIRTUAL MEETING DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA SD INPRES 19 AMBON

  • Muhammad Yusran Sardi Prodi PGSD FKIP Universitas Pattimura
  • Samuel Patra Ritiauw Prodi PGSD FKIP Universitas Pattimura
  • Elsinora Mahananingtyas Prodi PGSD FKIP Universitas Pattimura
  • Nathalia Yohana Johannes Prodi PGSD FKIP Universitas Pattimura
Keywords: virtual meeting, pembelajaran daring, zoom cloud meeting, google meet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang implementasi virtual meeting dalam pembelajaran daring yang dilaksanakan oleh SD Inpres 19 Ambon. Pembelajaran secara daring dilakukan karena mencegah terjadinya penularan Covid-19. Metode penelitian yang digunakan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu menggambarkan peristiwa yang terjadi pada saat melakukan pembelajaran secara online. Penelitian ini berlokasi di SD Inpres 19 Ambon dengan subjek penelitian pada kelas IV dan Kelas V. Hasil penelitian menyebutkan bahwa pembelajaran daring di SD Inpres 19 Ambon sudah terlaksana dengan baik berbantuan aplikasi virtual meeting seperti zoom cloud meeting, microsoft, google classroom, google meet, whatsapp group. Berdasarkan wawancara dengan guru, di ceritakan bahwa guru sangat kewalahan akibat aplikasi-aplikasi berbasis daring ini, namun dengan berjalannya waktu guru maupun siswa dapat beradaptasi dengan keadaan saat ini.

                                                          

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmansyah, (2010). Pembelajaran Berbasis Web Teori Konsep dan Aplikasi. Padang: UNP Press Padang.
Elyas, H. A. (2018). Penggunaan model pembelajaran e learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Warta. Vol. 56 (1829-7463)
Hakim, S, Rachmad dan Sutarto. 2009. Mastering Pemrograman dan Penerapannya untuk Membuat Software Aplikasi. Media Kompuindo: Jakarta.
Idrus L. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran', Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9.2 (2019), 920-35
Kristanto, V. H. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI).Yogyakarta: CV Budi Utama.
Lutfi, M. 2013. Pendidikan sebagai Fondasi Utama Negara. Bandung 1-10.
Maudiarti, S. (2018). Penerapan e-learning di perguruan tinggi. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan. Vol 32 (1).
Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Corona Virus (COVID-19).
Pakpahan, Roida dan Fitriani, Yuni. 2020. Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of Information System Applied, Management and Accounting Research, 4(2).
Ritiauw, S. P., Mahananingtyas, E., Salamor, L., & Sayang, N. K. (2022). Pemanfaatan aplikasi ruang guru berbantuan zoom cloud meeting untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Research and Development Journal of Education, 8(1), 80-92.
UU Sisdiknas No.20 Tahun 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (http://sindikker.dikti.go.id/dok/UU/UU20-2003-Sisdiknas.PDF) 13 Maret 2021
Warsita, Bambang. 2011. Pendidikan Jarak Jauh, Perencanaan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Diklat. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Yunianto, A. R. 2015. Implementasi e-learning Berbasis Kelase sebagai Sumber Belajar. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Published
2021-11-04