MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SEITH

  • Wa Rafdia Waly Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Pattimura Ambon
  • Sarah Sahetapy Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Pattimura Ambon
  • Nulice Alerbitu Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Pattimura Ambon
  • Musa Marsel Maipauw Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Pattimura Ambon
Keywords: keterampilan menulis, cerpen, media komik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis cerpen dengan media komik pada siswa kelas IV di SD Negeri 2 Seith yang berjumlah 9 siswa. Permasalahan yang terjadi di SD tersebut bahwa Sebagian besar siswa kesulitan menulis cerita, padahal siswa memiliki banyak ide untuk dituangkan dalam sebuah tulisan. Kebanyakan siswa masih ragu dan belum tahu bagaimana menyampaikan idenya dalam bentuk tulisan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penilaian ini di ambil dari 3 aspek yaitu menentukan ide dengan skor tertinggi 25, kerangka cerita skor tertinggi 35 dan menulis cerpen sesuai dengan kerangka cerita dengan skor tertinggi 40. Hasil penelitian ini pada siklus pertama 1 orang mendapatkan nilai tertinggi 89 dan nilai terendah 37. Sedangkan pada siklus kedua ada 4 siswa dengan nilai masing-masing 95,93,88,85 dengan kategori sangat baik, dan lainnya baik serta hanya 1 orang saja memperoleh nilai cukup yaitu 66.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-08