MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SEITH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis cerpen dengan media komik pada siswa kelas IV di SD Negeri 2 Seith yang berjumlah 9 siswa. Permasalahan yang terjadi di SD tersebut bahwa Sebagian besar siswa kesulitan menulis cerita, padahal siswa memiliki banyak ide untuk dituangkan dalam sebuah tulisan. Kebanyakan siswa masih ragu dan belum tahu bagaimana menyampaikan idenya dalam bentuk tulisan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penilaian ini di ambil dari 3 aspek yaitu menentukan ide dengan skor tertinggi 25, kerangka cerita skor tertinggi 35 dan menulis cerpen sesuai dengan kerangka cerita dengan skor tertinggi 40. Hasil penelitian ini pada siklus pertama 1 orang mendapatkan nilai tertinggi 89 dan nilai terendah 37. Sedangkan pada siklus kedua ada 4 siswa dengan nilai masing-masing 95,93,88,85 dengan kategori sangat baik, dan lainnya baik serta hanya 1 orang saja memperoleh nilai cukup yaitu 66.
Downloads
Copyright (c) 2021 Wa Rafdia Waly, Sarah Sahetapy, Nulice Alerbitu, Musa Marsel Maipauw

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.