MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SEITH

  • Wa Rafdia Waly Prodi PGSD FKIP Universitas Pattimura
  • Sarah Sahetapy Prodi PGSD FKIP Universitas Pattimura Ambon
  • Nulice Alerbitu
  • Musa Marsel Maipauw Prodi PGSD FKIP Universitas Pattimura
Keywords: keterampilan menulis, cerpen, media komik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis cerpen dengan media komik pada siswa kelas IV di SD Negeri 2 Seith yang berjumlah 9 siswa. Permasalahan yang terjadi di SD tersebut bahwa Sebagian besar siswa kesulitan menulis cerita, padahal siswa memiliki banyak ide untuk dituangkan dalam sebuah tulisan. Kebanyakan siswa masih ragu dan belum tahu bagaimana menyampaikan idenya dalam bentuk tulisan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penilaian ini di ambil dari 3 aspek yaitu menentukan ide dengan skor tertinggi 25, kerangka cerita skor tertinggi 35 dan menulis cerpen sesuai dengan kerangka cerita dengan skor tertinggi 40. Hasil penelitian ini pada siklus pertama 1 orang mendapatkan nilai tertinggi 89 dan nilai terendah 37. Sedangkan pada siklus kedua ada 4 siswa dengan nilai masing-masing 95,93,88,85 dengan kategori sangat baik, dan lainnya baik serta hanya 1 orang saja memperoleh nilai cukup yaitu 66.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhadiah, Sabarti. 1989. pembinaan kemampuan menulis bahasa Indonesia Jakarta:Erlangga
Aksan,Hermawan.2011 Proses Kreatif Menulis Cerpen. Bandung: Nuasa
Arikunto, Suharmi.2007.Prosedur Penelitian suatu pendekatan Praktek Edisi. Revisi IV Halaman. 134: Rineka Apta Jakarta.
Arikunto, Suharmi (2002). Manajemen Penelitian Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmad Rofi'udin & Darmiyati Zuhdi.(1999). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Depdikbud
Burhan Nurgiyantoro. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE
Daryanto.2010.Media Pembelajaran Peranannya Sangat dalam Penting Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta.Gava Media
Hendry Guntur Tarigan. (2008). Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa Indonesia.
Meleong.Lexy.J. (1998). Metode penelitian Kualitatif. Bandung; PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono (1990). Pragmatik Dasar-dasar Pengajaran. Malang : Yayasan Asih
Asah Malang.
Sudjana.(2010). Media Pembelajaran .Bandung.Sinar Baru Algesindo.
Saleh Abas.(2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Disekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sayuti. (2007) Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Published
2021-11-08