KEMAMPUAN BERPIKIR KRATIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH PERSEGI PANJANG DI SD NEGERI 7 AMBON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika di kelas IV SD Negeri 7 Ambon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan pada siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi dengan kriteria memiliki kemampuan matematika sehari-hari yang baik, serta dapat mengkomunikasikan idenya dalam pembelajaran matematika di kelas. Ada 2 subjek penelitian yang dipilih yakni subjek dengan kemampuan tinggi dan subjek dengan kemampuan sedang. Hasil penelitian menunjukkan subjek dengan kemampuan tinggi mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu indicator fluency atau kefasihan, indikator fleksibel atau fleksibilitas dan indikator kebaruan. Sementara subjek dengan kemampuan sedang hanya mampu memenuhi dua indikator kemampuan berpikir kreatif yakni indicator fluency atau kefasihan dan indikator fleksibel atau fleksibilitas, namun belum mampu dalam memenuhi indikator kebaruan
Downloads

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.