KEMAMPUAN BERPIKIR KRATIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH PERSEGI PANJANG DI SD NEGERI 7 AMBON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika di kelas IV SD Negeri 7 Ambon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan pada siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi dengan kriteria memiliki kemampuan matematika sehari-hari yang baik, serta dapat mengkomunikasikan idenya dalam pembelajaran matematika di kelas. Ada 2 subjek penelitian yang dipilih yakni subjek dengan kemampuan tinggi dan subjek dengan kemampuan sedang. Hasil penelitian menunjukkan subjek dengan kemampuan tinggi mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu indicator fluency atau kefasihan, indikator fleksibel atau fleksibilitas dan indikator kebaruan. Sementara subjek dengan kemampuan sedang hanya mampu memenuhi dua indikator kemampuan berpikir kreatif yakni indicator fluency atau kefasihan dan indikator fleksibel atau fleksibilitas, namun belum mampu dalam memenuhi indikator kebaruan
Downloads
References
King, L. A. 2016. Psikologi Umum: Sebuah Pandangan Apresiatif. Jakarta: Salemba Humanika.
Moleong, L. 2007. Metode PenelitIAN Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyaningsih & Novisita Ratu. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Pola Barisan Bilangan. Jurnal Pendidikan Berkarakter.
Noer, S.H. 2021. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika 5(1):104-111.
Nurlela, L., & Ismayati, E. 2015. Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Yogyakarta: Ombak
Sani, R. (2019). Pembelajaran Berbasis HOT (Higher Order Thinking Skill). Tanggerang: Tira Smart
Solso, 2007. Psikologi Kognitif Edisi Revisi. Surabaya: Srikandi
Siregar, Yulia Pratiwi. 2014. Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Pemecahaman Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 1. Halongonan. Jurnal Pendidikan MIPA. ISSN:23375914
Siswono, T. Y. E. 2006. Desain Tugas untuk Mengindentifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika. Diakses 4 April 2014.
--------------------- 2007. Pembelajaran Matematika Humanistik Yang Mengembangkan Krativitas Siswa. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika. FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 29-30 Agustus.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.