MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SEITH
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Seith diperoleh suatu permasalahan yaitu sebagian besar siswa belum memahami maksud dan isi puisi dengan baik sehingga keterampilan siswa dalam membaca puisi masih sangat rendah. Oleh karena itu, maka digunakan sebuah media pembelajaran dengan menggunakan media audio visual untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Penelitian tindakan kelas mengacu pada siklus pembelajaran yang dikemukakan oleh Arikunto. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil keterampilan membaca puisi siswa dari siklus 1 ke siklus 2 pada siklus 1 terdapat siswa dengan kriteria tinggi sebanyak 6 orang dengan tingkat persentase 66% dan siswa yang mendapat kriteria rendah sebanyak 3 orang dengan tingkat persentase 34% dan pada siklus 2 terdapat siswa dengan kriteria tinggi 24 orang siswa dengan tingkat persentase 100% dan siswa dengan kriteria rendah 0 dengan tingkat persentase 0%.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.