PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF HASIL BELAJAR SISWA MATERI SUMBER ENERGI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TIANG BENDERA SERAM BAGIAN BARAT

  • Adriana B Ohoitabun Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Pattimura Ambon
  • Johanes Pelamonia Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Pattimura Ambon
  • Melvie Talakua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Pattimura Ambon
  • Musa Marsel Maipauw Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Pattimura Ambon
Keywords: Quantum Teacing, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kognitif hasil belajar materi selalu hemat energi dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teacing pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Tiang Bendera Seram Bagian Barat. Model pembelajaran Quantum Teaching merupakan upaya guru untuk mengorkestrasikan berbagai interaksi dalam proses pembelajaran menjadi cahaya yang melejitkan prestasi siswa, dengan menyingkirkan hambatan belajar melalui penggunaan cara dan alat yang tepat, sehingga siswa dapat belajar secara mudah dan alami. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi sedangkan teknik pengumpulan menggunakan data observasi, dokumentasi dan penilaian hasil. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan hasil penelitian yang didapat adalah terjadinya peningkatan proses pembelajaran yang ditinjau dari aktivitas mengajar guru dan aktivitas siswa yang mengalami peningkatan di setiap pertemuan yang berpengaruh pada hasil belajar siswa yang meningkat atau berada pada kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-31