PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS V SD NEGERI 76 WAYAME

  • Frida Gaspersz Program Studi PGSD Universitas Pattimura Ambon
  • Agustinus Ufie Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Pattimura Ambon
  • Samuel Patra Ritiauw Program Studi PGSD Universitas Pattimura Ambon
  • Musa Marsel Maipauw Program Studi PGSD Universitas Pattimura Ambon
Keywords: Talking Stick, Classroom Action Research

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas V SD Negeri 76 Wayame. Model pembelajaran Talking Stick dapat membantu guru dalam pembelajaran agar para siswa mampu aktif atau berinteraksi di dalam kelas pada proses pembelajaran yang sedang berlangsung sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan partisipasi serta nilai para siswa. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang berfokus pada situasi kelas dan dikenal dengan classroom action research, yang mana PTK ini bersifat tindakan kemitraan (peneliti sebagai pengumpul data dan guru sebagai pelaksana tindakan) dan teknik analisis data yang digunakan secara kuantitatif. Penelitian ini berlokasi di SD Negeri 76 Wayame kelas V. Hasil penelitian menyebutkan bahwa pada siklus I jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 17 orang siswa dengan presentase 85 % dan belum mencapai KKM sebanyak 3 orang dengan presentase 15 %. Pada siklus II terjadi peningkatan dimana jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 20 orang dengan presentase 100% dan siswa yang belum mencapai KKM tidak ada dengan presentase 0%. Berdasarkan hasil yang didapatkan maka model pembelajaran Talking Stick pada kelas V SD dapat meningkatkan hasil belajar para siswa di dalam kelas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-09-30