PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI PULAU OSI RESETLEMENT
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Open Ended pada materi operasi hitung pecahan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melalui emoat tahapan, yaitu penyusunan rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada SD Negeri P. Osi Resetlement. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Open Ended pada materi operasi hitung pecahan. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes setiap siklus, yaitu pada siklus I siswa memperoleh nilai mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 6 siswa dengan presentasi 37,5%. Sedangkan pada siklus II meningkat 50%, yaitu 87,5% dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai mencapai KKM sebanyak 14 siswa.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Faridah, Nenden. 2016. Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Pena Ilmiah. Vol.1 (1).
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Sohimin Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suwangsih, E dan Tiurlina. 2006. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press.
Zarkasyi, Wahyudin dan Lestari, K Eka. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Copyright (c) 2022 Eka Miswati, Carolina Selfisina Ayal, Johannis Takaria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.