PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V DI SD KRISTEN UPUNYOR

  • Lista Veny Program Studi PGSD Universitas Pattimura Ambon
  • Leonid Ritiauw Program Studi PGSD Universitas Pattimura Ambon
  • Elsinora Mahananingtyas Program Studi PGSD Universitas Pattimura Ambon
  • Nathalia Yohana Johannes Program Studi PGSD Universitas Pattimura Ambon
Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Proses Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses berjalannya pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Sasaran utama kegiatan pembelajaran inkuiri adalah (1) keterlibatan siswa secara maksimal dalam proses kegiatan pembelajaran, (2)  keterarahan kegiatan secara logis  dan sistematis pada tujuan pembelajaran, dan (3) mengembangkan sikap percaya diri pada diri siswa tentang apa yang ditemukan dalam proses inkuiri. Pada hasil tes dari siklus I dari 9 siswa yang tuntas hanya 4 siswa, dengan rentang nilai tertinggi 75 sedangkan yang tidak tuntas 6 siswa dengan nilai terendah 35. Nilai rata-rata siklus I dari 9 siswa adalah 55,55%. Selanjutnya pada hasil tes siklus II sebanyak 9 siswa yang tuntas berjumlah 9 siswa dengan nilai tertinggi 90. Nilai rata-rata siklus II dari 9 siswa adalah 82,22%. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa meningkat dan termasuk pada kategori cukup tinggi sehingga jelas pada siklus II hasil belajar siswa telah mencapai tingkat ketuntasan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-11