PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V DI SD KRISTEN UPUNYOR
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses berjalannya pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Sasaran utama kegiatan pembelajaran inkuiri adalah (1) keterlibatan siswa secara maksimal dalam proses kegiatan pembelajaran, (2) keterarahan kegiatan secara logis dan sistematis pada tujuan pembelajaran, dan (3) mengembangkan sikap percaya diri pada diri siswa tentang apa yang ditemukan dalam proses inkuiri. Pada hasil tes dari siklus I dari 9 siswa yang tuntas hanya 4 siswa, dengan rentang nilai tertinggi 75 sedangkan yang tidak tuntas 6 siswa dengan nilai terendah 35. Nilai rata-rata siklus I dari 9 siswa adalah 55,55%. Selanjutnya pada hasil tes siklus II sebanyak 9 siswa yang tuntas berjumlah 9 siswa dengan nilai tertinggi 90. Nilai rata-rata siklus II dari 9 siswa adalah 82,22%. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa meningkat dan termasuk pada kategori cukup tinggi sehingga jelas pada siklus II hasil belajar siswa telah mencapai tingkat ketuntasan.
Downloads
References
Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Adesanjaya. 2011. Model-model Pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: kencana Prenada group
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Dwigatama. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT INDEKS
Erikanto, (2016). Teori belajar dan pembelajaran, Yogjakarta: media Akademi.
Gagne, R. M. (1997). Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran. Terjemahan Munandir. Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi.
Guru Jawa Timur (1989:8), Team Penyusun Buku Sekolah Pendidikan.
Gulo (2002). Metode penelitian. Jakarta: PT. Grasindo.
Hanafiah, N dan Suhana, C. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Refika Aditama.
Joyce. 1992. Changing School Culture Through Staff Development. USA: ASCD.
Mulyasa (2007). Standar Kompetensi dan sertifikasi Guru, Bandung remaja Rosdakarya
Najahah. (2015). “Potensi Daya Serap Anak Didik Terhadap Pelajaran”. Jurnal Lentera, Kajian Keagamaan,Keilmuan dan Teknologi, 13(2), 15–27.
Nana, Sudjana. 2009. Penilaian hasil belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nuryani. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang:IKIP Malang Press.
Sanjaya, W. 2006 strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta : prenada media group.
Sapriya. (2009) Pendidikan IPS. Bandung: Rosda Karya.
Sanjaya, (2006), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan, Prenada Media, Jakarta.
Soemantri, (2001). menggagas pembaharuan pendidikan IPS. Bandung: Rosda
Suharsimi. 2008. Dasar dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, (2011). Model-model pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sisdiknas 2006. Permen Nomor 22 Tahun 2006. Jakarta: Sisdiknas.
Sumadi. (1989:11-12). Psikologi Pendidikan. Jogjakarta: Offset
Sumaatmadja, (1997). Metodologi Pengajaran Geografi. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya (2008:196). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: kencana persada media group 2010 I
Sumantri (1999). Strategi pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal pendidikan tinggi.
Trianto, (2007). Model-model Pembelajaran ilnovatif berorientasi Kontruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta.
Utami, 1992, mengembangkan bakat anak, Jakarta : Gramedia.
UU No.20 (2003) tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta
Wina Sanjaya (2007). Metode pembelajaran. Jakarta: kencana
Joyce dan Weil (Wena, 2009). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: suatu Tinjauan konseptual operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Yudi, (2008), kurikulum dan pembelajaran: Teori dan pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: kencana prenaga
Copyright (c) 2022 Lista Veny, Leonid Ritiauw, Elsinora Mahananingtyas, Nathalia Yohana Johannes
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.