PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V DI SD NEGERI 69 AMBON
Abstract
Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada pembelajaran ips siswa kelas V SD Negeri 69 Ambon Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang dilakukan secara kolaborasi antara guru dan peneliti, dimana peneliti bertindak sebagai guru, dan guru kelas V bertindak sebagai observer. Desain penelitian ini menggunakan model PTK dari Arikunto, (2016) yaitu perencanaan penelitian berdaur ulang (siklus) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap, yaitu pada bulan februari-maret 2023. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 69 Ambon yang terdiri dari 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari Observasi, tes, dan Dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ilmu pengetahun sosial (IPS) yaitu pada siklus I sebesar 63% (Kategori sedang), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 100% (Kategori sangat baik). Hal ini berarti terjadi peningkatan antara setiap siklusnya. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Tipe STAD pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 69 Ambon.
Downloads
References
Hake, R.R. (1999).Analyzing Change/Gain Scores. Woodland Hiland
Latief, H, dkk. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajara. Jurnal Gea.14(1) 19.
Soemantri, Numan. (2001). Pembaruan pendidikan IPS. Bandung: Rosda Karya.
Undang-undang No.20 Ayat 1 Pasal 1 Tahun 2003. Terntang Sistem Pendidikan Nasional.
Yaba, 2006. Ilmu pengetahuan sosial 1. Peogram studi pendidikan guru sekolah dasar fakultas Ilmu pendidikan universitas negri mkasar. Makasar.
Copyright (c) 2025 Elsinora Mahananingtyas, Nathalia Y Johannes, Iva Lasmin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.