Pengaruh Model Pembelajaran Time Token terhadap Hasil Belajar IPS bagi Siswa Kelas V di SD Negeri 61 Maluku Tengah
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD Negeri 61 Maluku Tengah Kecamatan Lehitu Desa Hila Dusun Mamua. Hal ini terjadi karena model pembelajaran yang digunakan oleh guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga suasana pembelajaran sering membuat siswa jenuh dan berdampak kepada hasil belajar siswa. Berdasarkan hal itu, maka peneliti bertujuan menggunakan model pembelajaran Time Token dalam kegiatan pembelajaran agar tercipta suasana belajar yang aktif, menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui pengaruh model pembelajaran Time Token Terhadap Hasil Belajar IPS Bagi Siswa Kelas V di SD Negeri 61 Maluku Tengah. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 61 Maluku Tengah pada tanggal 22 Juni sampai 22 Juli 2023. Teknik pengumpulan data antara lain dengan menggunakan tes (pilihan ganda) yang berjumlah 10 soal. Hasil penelitian berdasarkan pengujian hipotesis Pre Test dan Post Test pada kelas eksperimen, (.000 > 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh pengunaan Model Pembelajaran Time Token Terhadap Hasil Belajar IPS Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 61 Maluku Tengah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS bagi siswa kelas V SD Negeri 61 Maluku Tengah melalui model pembelajaran Time Token mengalami peningkatan.
Downloads
Copyright (c) 2024 Kustap Terry, Ariantje Lesnussa, Nathalia Y. Johannes

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



