PENIGKATAN KETERAMPILAN MENDONGENG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PAIRED STORYTELLING PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 7 AMBON

  • Helena Noya Program Studi PGSD Universitas Pattimura Ambon
  • Sarah Sahetapy Program Studi PGSD Universitas Pattimura Ambon
Keywords: Pendekatan Paired Storytelling

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada tanggal 13 Ferbuari 2020 di SD Negeri 7 Ambon, peneliti mewawancarai guru kelas mengenai kemampuan siswa dalam proses pembelajaran terutama pada keterampilan mendongeng. Guru kelas menjelaskan dari 20 siswa kelas III, hanya 6 siswa yang memeiliki keterampilan dalam mendongeng sedangkan 14 siswa diantaranya masih merasa kesulitan dalam mendongeng, dikarenakan ada siswa yang kurang percaya diri, takut dan malu untuk maju berbicara di depan kelas. Oleh karena itu, maka dirancanglah sebuah perencanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PAIRED STORYTELLING. Dalam Penulisan ini peneliti menggunakan Tipe Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain Arikkunto (2017: 124). Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke silkus II pada siklus I terdapat siswa dengan kriteria tinggi sebanyak 5 orang dengan tingkat presentasi 40%,  3 orang siswa mendapat predikat cukup dengan presentasi 20% dan I orang siswa mendapat kriteri renda dengan prenstasi 5,55% dan pada siklus II terdapat siswa dengan kriteria tinggi 9 orang siswa dengan tingkat presentase 100% dan siswa dengan criteria rendah 0 dengan  tingkat presentasi 0%

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-18