PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 ELPAPUTIH KECAMATAN ELPAPUTIH KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT

  • Astri Wakarole
  • Leonid Ritiauw Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Pattimura
  • Nathalia Yohana Johannes Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Pattimura
  • Nulice Alerbitu Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Pattimura
Keywords: Concept Sentence, Keterampilan Menulis Narasi, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui model pembelajaran Concept Sentence pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Elpaputih Kecamatan Elpaputih Kabupaten Seram Bagian Barat tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Elpaputih dengan jumlah 24 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Concept Sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi. Hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pratindakan sebesar 54,04% meningkat menjadi 65,75% pada siklus I, di siklus II meningkat menjadi 77,44%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pada siklus II secara klasikal siswa sudah tuntas belajar, karena siswa yang memperoleh nilai ≥70 sebesar 77,44% lebih besar dari presentase ketuntasan yang dikehendakai yaitu sebesar 70%. Ini terbukti bahwa penggunaan model Concept Sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri 1 Elpaputih kecamatan Elpaputih Kabupaten Seram Bagian Barat tahun ajaran 2023/2024.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hutabarat,2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Laporan Pengamatan Kelas V di MIS QORIAH FADILLAH, Skripsi. Medan: Fakultas Ilmu Terbiah Dan Keguruan.
Ikhwanuddin, 2013. Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas IV A SDWanosari02Semarang.(online)diakses 12Februari2024.https://www.google.co.id
Iskandarwassid & Sunendar, Dadang. (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
The Liang Gie, 2002 Pengertian menulis, tersedia https://www.google.co.id (online) diakses 2 Februari 2024.
Published
2024-08-06