Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Pembelajaran Concept Sentence pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Elpaputih

  • Astri Wakarole Program Studi PGSD Universitas Pattimura Ambon, Indonesia
  • Nulice Alerbitu Program Studi PGSD Universitas Pattimura Ambon, Indonesia
Keywords: Concept Sentence, Keterampilan Menulis Narasi, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui model pembelajaran Concept Sentence pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Elpaputih Kecamatan Elpaputih Kabupaten Seram Bagian Barat tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Elpaputih dengan jumlah 24 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Concept Sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi. Hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pratindakan sebesar 54,04% meningkat menjadi 65,75% pada siklus I, di siklus II meningkat menjadi 77,44%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pada siklus II secara klasikal siswa sudah tuntas belajar, karena siswa yang memperoleh nilai ≥70 sebesar 77,44% lebih besar dari presentase ketuntasan yang dikehendakai yaitu sebesar 70%. Ini terbukti bahwa penggunaan model Concept Sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri 1 Elpaputih kecamatan Elpaputih Kabupaten Seram Bagian Barat tahun ajaran 2023/2024.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-08