PENGARUH MODEL ROUND TABLE LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRESS 33 AMBON
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Inpress 33 Ambon, Kabupaten Nusaniwe. Jl. Sam Ratulangi Latuhalat, karena hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Meja Bundar terhadap pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpress 33 Ambon Kabupaten Nusaniwe. Jl. Sam Ratulangi Latuhalat. yang berjumlah 31 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk 10 soal PG dimana siswa mengerjakan soal pretest dan posttest yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian One group pretest posttest design, yaitu desain yang tidak menggunakan kelompok kontrol pada saat penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran meja bundar dilihat dari rendahnya aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar dimana 10 siswa telah memenuhi nilai KKM dan 21 siswa belum memenuhi nilai KKM. Hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran meja bundar mengalami peningkatan dimana 30 siswa telah memenuhi nilai KKM dan 1 siswa belum memenuhi nilai KKM. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi 0,000 yaitu 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa terdapat pengaruh terhadap penggunaan model pembelajaran Meja Bundar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpress 33 Ambon dalam pembelajaran IPS.
Downloads
References
Damayanti, Linda, Bahar Agus Setiawan, and Dhian Wahana Putra. 2023. “Pengaruh Model Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar PAI Di SMP IT Al-Ghozali Jember.” Jurnal Pendidikan Islam 1(2): 1–14.
Eksplanasi, Menulis Teks. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Roundtable.” 17: 1619–29.
Manik, Dkk. 2022. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Pegagan Hilir Betti.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4: 1707–15.
Ni Ketut Santi Rahayu, Santi, Syaiful Musaddat, Heri Setiawan, and Husniati Husniati. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Round Table Berbantuan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Karangan Narasi Siswa Kelas Iv Sdn 1 Terong Tawah Tahun Pelajaran 2020/2021.” Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal 3(2): 96–104.
Purwanti, Basuki &. 2017. “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ips Dengan Strategi Inkuiri Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Pedes Sedayu BANTUL Rahmad Basuki Rosalia Susila Purwanti Universitas PGRI Yogyakarta.” : 1–5.
Sholeh, Badrus, Soffi Soffiatun, and Fiqoh Afriliani. 2023. “Meningkatkan Ketrampilan Sosial Dalam Pembelajaran IPS.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8(2): 1264–69.
(Agustin and Damayanti 2018) “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Round Table Dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi Di Kelas Iv Sekolah Dasar.” Jpgsd 06(07): 1191–1200
Damayanti, Ayu. 2022. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik Mata
Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah.” SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Menurut Susanto,(2014 :31) Metro 1(1): 99–108.
Faradiba. 2020. “Penggunaan Aplikasi Spss Untuk Analisis Statistika Program.” SEJ (School Education Journal 10(1): 65–73.
Safitri, Niluh Ari. 2020. “Tinjauan Pustaka Tinjauan Pustaka.” Convention Center Di Kota Tegal (938): 6–37.
Heryana, Ade. 2020. “Hipotesis Dalam Penelitian Kuantitatif.” Universitas Esa Unggul: 1–16.
Sunardin, S, and M Megayanti. 2021. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Round Table Pada Pembelajaran IPA Di Kelas IV SDN 41 Kota Palopo.” Jurnal PELITA 1(1): 1–6 https://pusdig.my.id/pelita/article/view/38%0Ahttps://pusdig.my.id/pelita/article/downloa d/38 /35.
(Anjarwati, Suparni, and Siregar 2021) “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Roundtable Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Logaritma : Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains 9(02): 261–172.
Widodo, Joko Presiden Republik Indonesia. 2023. “Undang-Undang Cipta Kerja.” Sekretariat Negara (176733): 1–1127.
Aliyah, Atsna Himmatul. 2022. “Peran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.” WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi 3(1): 64–72.
Rahayu, T Puji et al. 2019. “8 Dp.” : 9–11.
Copyright (c) 2024 Indriyani Letelay, Samuel Patra Ritiauw, Nathalia Yohana Johannes
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.