PENGARUH MODEL ROUND TABLE LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRESS 33 AMBON
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Inpress 33 Ambon, Kabupaten Nusaniwe. Jl. Sam Ratulangi Latuhalat, karena hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Meja Bundar terhadap pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpress 33 Ambon Kabupaten Nusaniwe. Jl. Sam Ratulangi Latuhalat. yang berjumlah 31 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk 10 soal PG dimana siswa mengerjakan soal pretest dan posttest yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian One group pretest posttest design, yaitu desain yang tidak menggunakan kelompok kontrol pada saat penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran meja bundar dilihat dari rendahnya aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar dimana 10 siswa telah memenuhi nilai KKM dan 21 siswa belum memenuhi nilai KKM. Hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran meja bundar mengalami peningkatan dimana 30 siswa telah memenuhi nilai KKM dan 1 siswa belum memenuhi nilai KKM. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi 0,000 yaitu 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa terdapat pengaruh terhadap penggunaan model pembelajaran Meja Bundar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpress 33 Ambon dalam pembelajaran IPS.
Downloads
Copyright (c) 2024 Indriyani Letelay, Samuel Patra Ritiauw, Nathalia Yohana Johannes

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.