EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN 41 AMBON
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk; (1) Mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPS siswa kelas V SDN 41 Ambon. (2) Mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPS siswa kelas V SDN 41 Ambon. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah dengan menerapkan uji paired sampel t test untuk menguji hipotesis dan uji N-gain untuk menilai efektivitas penerapan model pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan oleh peneliti dengan bantuan SPSS, maka dapat disimpulkan; (1) Untuk uji paired sampel t test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dimana H0 ditolak dan Ha diterima sehingga terlihat bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil pre test dan post test yang artinya bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. (2) Untuk hasil uji N-gain diperoleh skor 0,8786 artinya bahwa tingkat efektivitas pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) masuk dalam kategori tinggi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPS siswa kelas V SDN 41 Ambon.
Downloads
Copyright (c) 2024 Maria Elsina Latupeirissa, Samuel Patra Ritiauw, Elsinora Mahananingtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.