EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN 41 AMBON

  • Maria Elsina Latupeirissa
  • Samuel Patra Ritiauw Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Pattimura
  • Elsinora Mahananingtyas Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Pattimura
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk; (1) Mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPS siswa kelas V SDN 41 Ambon. (2) Mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPS siswa kelas V SDN 41 Ambon. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah dengan menerapkan uji paired sampel t test untuk menguji hipotesis dan uji N-gain untuk menilai efektivitas penerapan model pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan oleh peneliti dengan bantuan SPSS, maka dapat disimpulkan; (1) Untuk uji paired sampel t test  diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dimana H0 ditolak dan Ha diterima sehingga terlihat bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil pre test dan post test yang artinya bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. (2) Untuk hasil uji N-gain diperoleh skor 0,8786 artinya bahwa tingkat efektivitas pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) masuk dalam kategori tinggi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPS siswa kelas V SDN 41 Ambon.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayat, U. S. (2016). Model-Model Pembelajaran Efektif. Bina Mulia Publishing.
Imas Kurniasih & Berlin Sani, 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru, Jogjakarta : Kata Pena.
Karimuddin Abdullah, D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Karunia Eka Lestari, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.
Mahananingtyas, E. (2016). Metode Quantum Learning Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pedagogika: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 4(1), 17-25.
Mudiawati, D. (2020). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Sdn Parakan Pondok Benda. Jakarta.
Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87-94.
Riswanti, P. (2020). Efektivitas Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Pada Siswa Kelas X Ips Sma N 1 Karangreja Kabupaten Purbalingga. Semarang.
Ritiauw, S. P., & Salamor, L. (2016). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Model Pembelajaran Sosial Inkuiri. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 4(1), 42-56.
Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim, 2, 1-7.
Sari Perwita. S. (2020). Penggunaan Metode Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EJoES. Vol (1)
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Bandung : Alfabeta, 2019).
Sugiyono. (2020 ). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.
Trahati, Melia Rimadhani (2015) Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar Negeri Tritih Wetan 05 Jeruklegi Cilacap. S1 Thesis, PGSD.
Published
2024-08-06