MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN POWER POINT MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS V SDN 2 LATIHAN SPG AMBON
Abstract
Belajar merupakan perubahan perilaku menurut pengalaman dan latihan, artinya adalah perubahan tingkah laku baik yang menyangkut pengetahuan, keterampilan, maupun sikap, bahkan meliputi segala aspek organisme atau pribadi oleh pengalaman dan berdampak relative permanent. Pada penelitian ini peneliti bertujuan untuk mengetahuipemanfaatan pembelajaran power point dan pemilihan model pembelajaran discovery learning apakah dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa di kelas V SDN 2 Latihan SPG Ambon. Prosedur tindakan kelas secara garis besar terdapat empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; (4) refleksi. Penelitian inidilaksanakan pada SDN 2 Latihan SPG Ambon, dengan subjek penelitian 20 siswa siswi kelas V. Penelitian menggunakan instrumen pengumpulan data berupa tes, non tes (lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi) dan teknik pengumpulan data adalah observasi/pengamatan, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum diberikan tindakan dari nilai observasi awal diperoleh rata-rata sebesar 63,5 (40%), setelah dilakukan tindakan siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 69,6 (60%) dan setelah dilakukan tidakan siklus II diperoleh rata-rata 84,25 (100%).
Downloads
References
Astawa, A. P. I. M. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Powerpoint terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1), 99–106.
Bahri, Aliem. 2012, “Penelitian Tindakan Kelas”. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar.
Giri Radyana, Murda, I. N., & Putu Ari Dharmayanti. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran TAI Berbantuan Media Powerpoint terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas v. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–10.
Lestari, Indah. (2020). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 3(2).
Lidiana, H., Gunawan, G., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 33.
Muhammad, F., & Hupiah, H. (2019). Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 MA Muallimin NW Pancor 2018/2019.
Lieung, K. W. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 073–082.
Pane, N. A., Nyeneng, I. D. P., & Distrik, I. Wayan. (2020). The Effect Of Predict Observe Explain Learning Model Against Science Process Skills of High School Students. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 11(1), 112–119.
Suprapti, E. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe STAD dengan Media Powerpoint Ispring pada Materi Jajargenjang, Layang-Layang dan Trapesium di Kelas VII SMP. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 57.
Copyright (c) 2024 Maria Yosefa Sarkol, Leonid Ritiauw, Ode Abdurrachman, Noky Rendy Kapele
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.