PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUESTION FLAG (QF) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 115 MALUKU TENGAH

  • Enoer Rahareng
  • Elsinora Mahananingtyas Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Pattimura
  • Alcytha P Heumassy Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Pattimura
  • Chyntia Pasalbessy Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Pattimura
Keywords: Model Pembelajaran, Question Flag, Hasil Belajar

Abstract

Pendidikan mencakup kegiatan mendidik, mengajar, dan melatih. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai suatu usaha untuk mentransformasikan nilai-nilai. Peranan guru di dalam dunia pendidikan sangat penting. Guru tidak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan dalam pengalaman teoretis tapi juga harus memiliki kemampuan praktis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Quastion Flag untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV   SD Negeri 115 Maluku Tengah .Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui empat tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada SD Negeri 115 Maluku Tengah dengan subjek penelitian siswa siswi kelas IV yang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 5 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan teknik non tes. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat peneliti pada awal hanya terdapat 20% peningkatan dengan rata-rata 40,8, setelah mendapatkan hasil tersebut maka dilakukan siklus I dan mendapatkan hasil rata-rata 59,1 dengan peningkatan 50% dan pada siklus II mengalami peningkatan 100% dengan rata-rata 87,5. Tindakan dalam penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Quastion Flag menunjukan adanya hasil belajar yang sangat signifikan pada siswa kelas IV SD Negeri 115 Maluku Tengah yang menjadi objek penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional. Depdiknas, 2006. Permen Nomor 22 Tahun 2006.
Kemmis, Taggart & Nikson. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mahananingtyas, E. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Efikasi Diri (Doctoral dissertation, Tesis Universitas Negeri Malang. Tidak diterbitkan).
Munib, A. 2004. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press, 2004:29.
Widyawati & Suharno, 2015, Penerapan Model Pembelajaran Questions Flag pada Mata Pelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Potensi Alam Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,
Published
2024-08-07