PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PEER LESSONS PADA SISWA KELAS IV SD KRISTEN DOBO
Abstract
penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPS melalui strategi Peer Lessons. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada SD Kristen Dobo Kabupaten Kepulauan Aru. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 22 orang. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS melalui strategi peer lessons dapat meningkatkan hasil belajar siswa sesuai analisis data, terlihat nilai rata–rata kelas pada kondisi awal 67,27 dengan ketuntasan klasikal 45,45%, meningkat pada siklus I menjadi 70,36 dengan ketuntasan klasikal 63,63%, dan meningkat pada siklus II yaitu menjadi 76,09 dengan ketuntasan klasikal 77,27%.
Downloads
References
Dwijayanti, Esti. 2016. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lessons Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor Kelas Xa Di SMAN 8 Kota Jambi. Jurnal EduFisika Vol. 01 No. 01 hal 18-21.
Iskandar, Dadang & Narsim. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya. Cilacap: Ihya Media
Kemdikbud. (2013). Permendikbud No. 54 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sanjaya, W. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Kencana Prenada Media Group.
Sapriya. (2014). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya Offset
Silberman, M. L. (2016). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.
Zaini, Hisyam. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.
Copyright (c) 2023 Yanti Susana Koupun, Ariantje Lesnussa, Elsinora Mahananingtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.