PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PKn KELAS V SD KRISTEN KALAR-KALAR KECAMATAN ARU SELATAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Metode Bermain Peran dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi PKn kelas V SD Kristen Kalar-Kalar Kecamatan Aru Selatan.. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. V SD Kristen Kalar-Kalar dengan jumlah siswa 24 siswa, laki-laki 13 dan Perempuan 11. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Concept Sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi. Hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar untuk tiap-tiap siklus yaitu pada siklus I terdapat 10 siswa (41%) telah memperoleh nilai >65namun masih terdapat 14 siswa (58%) yang belum memperoleh nilai<65.Sedangkan siklus II terdapat 22 siswa (91%) telah memperoleh nilai >65 dan hanya terdapat 2 siswa (8%) yang tidak tuntas. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa melalui Penerapan Metode Bermain Peran tentang materi Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada siswa kelas V SD Kristen Kalar-Kalar Kecamatan Aru Selatan dinyatakan berhasil.
Downloads
References
Alfabeta Fadila, Muhammad .2012. Desain pembelajaran PAUD, Yogyakarta.Ar leverage
A, Fitry. 2015. Pengaruh corporate social responsibility, leverage.
Anita, Sri dkk, 2008. Strategi pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Darmadi, 2012. Kemampuan dasar mengolah mengajar, Bandung.
Djamara dkk, 2010. Strategi belajar mengajar, Jakarta: Rena Citra.
F, Rupuh dkk. 2010. strategi belajar mengajar melalui penanaman konsep umum dan konsep islam. Bandung: Refika Aditama.
Hamalik Oemar, 2004. Proses belajar mengajar: Jakarta: Bumi Aksara.
Hamza, 2007. Model pembelajaran menciptakan proses belejar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara
Hilgard & Bower (Purwanto,2002:84). Pendidikan ilmu pengetahuan. Jakarta.
Heri Rahyubi, 2012. Teori teori belajar dan aplikasi pembelajaran motoric.
Joko Susilo. 2006. Gaya menjadikan makin pintar: Jakarta; bumi persara.
Kanandar, 2015. Penilaian autentik (penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013); PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Mas’ UD, dkk.2012. perencanaan pembelajarn mengembangkn standar kompetensi guru, Bandung; PT Remaja Rosdakarya.
Nabisi Lapono. dkk, 2008. Belajar dan pembelajaran SD, Jakarta:Dirjen Dikti Depdiknas.
Prasetyo Eko.Galang ,2012. kemampuan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan terhadap sikap demokratis’’. Jurnal citi2 hensip, vol 1 no 2, (2021:107).
Sutikno, 2009. Belajar dan pembelajaran, upaya kreaktif dan mewujudkan pembelajaran yang berhasil. cetakan ke 5, Bandung: Prospect.
Sudjana, nan. 2013. Dasar-dasar mengajar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido.
Trianto, 2012. Model pembelajaran terpadu (Jakarta:PT Bumi Aksara).
Woordwort Ismihyani, 2000. Meningkatkan hasil belajar, Jakarta: Rinekas Cipta
Copyright (c) 2023 Yopi A Laelaem, Leonid Ritiauw, Nathalia Yohana Johannes
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.