PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PKn KELAS V SD KRISTEN KALAR-KALAR KECAMATAN ARU SELATAN

  • Yopi A Laelaem Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Pattimura
  • Leonid Ritiauw Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Pattimura
  • Nathalia Yohana Johannes Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Pattimura
Keywords: Metode Bermain Peran, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Metode Bermain Peran dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi PKn kelas V SD Kristen Kalar-Kalar Kecamatan Aru Selatan.. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. V SD Kristen Kalar-Kalar dengan jumlah siswa 24 siswa, laki-laki 13 dan Perempuan 11. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Concept Sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi. Hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar untuk tiap-tiap siklus yaitu pada siklus I terdapat 10 siswa (41%) telah memperoleh nilai >65namun masih terdapat 14 siswa (58%) yang belum memperoleh nilai<65.Sedangkan siklus II terdapat 22 siswa (91%) telah memperoleh nilai >65 dan hanya terdapat 2 siswa (8%) yang tidak tuntas. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa melalui Penerapan Metode Bermain Peran tentang materi Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada siswa kelas V SD Kristen Kalar-Kalar Kecamatan Aru Selatan dinyatakan berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, 2004. Keterbacaan isi, kebahasaan, nilai budaya di dalam cerita pendek oleh siswa. Bandung: UPI.
Alfabeta Fadila, Muhammad .2012. Desain pembelajaran PAUD, Yogyakarta.Ar leverage
A, Fitry. 2015. Pengaruh corporate social responsibility, leverage.
Anita, Sri dkk, 2008. Strategi pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Darmadi, 2012. Kemampuan dasar mengolah mengajar, Bandung.
Djamara dkk, 2010. Strategi belajar mengajar, Jakarta: Rena Citra.
F, Rupuh dkk. 2010. strategi belajar mengajar melalui penanaman konsep umum dan konsep islam. Bandung: Refika Aditama.
Hamalik Oemar, 2004. Proses belajar mengajar: Jakarta: Bumi Aksara.
Hamza, 2007. Model pembelajaran menciptakan proses belejar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara
Hilgard & Bower (Purwanto,2002:84). Pendidikan ilmu pengetahuan. Jakarta.
Heri Rahyubi, 2012. Teori teori belajar dan aplikasi pembelajaran motoric.
Joko Susilo. 2006. Gaya menjadikan makin pintar: Jakarta; bumi persara.
Kanandar, 2015. Penilaian autentik (penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013); PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Mas’ UD, dkk.2012. perencanaan pembelajarn mengembangkn standar kompetensi guru, Bandung; PT Remaja Rosdakarya.
Nabisi Lapono. dkk, 2008. Belajar dan pembelajaran SD, Jakarta:Dirjen Dikti Depdiknas.
Prasetyo Eko.Galang ,2012. kemampuan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan terhadap sikap demokratis’’. Jurnal citi2 hensip, vol 1 no 2, (2021:107).
Sutikno, 2009. Belajar dan pembelajaran, upaya kreaktif dan mewujudkan pembelajaran yang berhasil. cetakan ke 5, Bandung: Prospect.
Sudjana, nan. 2013. Dasar-dasar mengajar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido.
Trianto, 2012. Model pembelajaran terpadu (Jakarta:PT Bumi Aksara).
Woordwort Ismihyani, 2000. Meningkatkan hasil belajar, Jakarta: Rinekas Cipta
Published
2023-11-20