PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 6 DOBO
Abstract
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada SD Negeri 6 Dobo. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 orang siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 8 perempuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model talking stick sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 6 Dobo.
Downloads
References
Dimyati dan Mudjono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran daan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Moh. Uzer Usman. 2003. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Suharsimi, Arikunto. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Copyright (c) 2023 Izac Notanubun, Samuel Patra Ritiauw, Marthen Soplera
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.