PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 6 DOBO

  • Izac Notanubun Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Pattimura Ambon
  • Samuel Patra Ritiauw Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Pattimura Ambon
  • Marthen Soplera Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Pattimura Ambon
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, Hasil Belajar, IPS

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada SD Negeri 6 Dobo. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 orang siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 8 perempuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model talking stick sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 6 Dobo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati dan Mudjono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran daan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Moh. Uzer Usman. 2003. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Suharsimi, Arikunto. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Published
2023-11-01