PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD INPRES BENJINA
Abstract
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran role playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada SD Inpres Benjina. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 15 orang siswa yang terdiri dari 3 laki-laki dan 12 perempuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model role playing sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Inpres Benjina.
Downloads
References
Sigmarlatu, R., Ritiauw, S. P., & Mahananingtyas, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Latihan Spg Ambon. Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 7(1), 45-61.
Siregar, N. K. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Dalam Model Pembelajaran Role Playing Pada Materi Jasa Dan Peranan Tokoh Dalam Memproklamasikan Kemerdekaan Siswa Kelas V SD Amaliyah Kecamatan Medan Sunggal Tahun Ajaran 2019/2020. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan.
Supriyanto, T. 2015. Penerapan Model Role playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas Di SMP PGRI 2 Ciputat). Skripsi [Tidak Dipublikasikan]. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Suharsimi, Arikunto. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Uno, H. 2012. Model Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara
Widharningsih, Ika Mery. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD. Jurnal Praktik Penelitian Tindakan, 10 (01), 1-7.
Copyright (c) 2023 Elsinora Mahananingtyas, Ariantje Lesnussa, Renita Djerol
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.