DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PEMBENTUKAN CIVIC DISPOSITION SISWA SD DI KECAMATAN NUSANIWE KOTA AMBON

  • Desy Uniwaly Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Pattimura
  • Leonid Ritiauw Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Pattimura
  • Ode Abdurrachman Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Pattimura
Keywords: Pembelajaran Online, Civic Disposition

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui dampak pembelajaran online terhadap pembentukan civic disposition (karakter warganegara)  siswa sd kec Nusaniwe. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV,V dan VI dengan jumlah 100 siswa pada SD di Kecamatan Nusaniwe. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Concept Sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi. Hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan Pembelajaran Daring di berbagai sekolah dasar yang tersebar pada Kawasan kecamatan nusaniwe berada dalam kategori cukup dengan presentase 34,0%, sebanyak 34 siswa . Berdasarkan tabel distribusi frekuensi civic disposition di berbagai sekolah dasar yang tersebar di Kecamatan Nusaniwe berada pada kategori sangat setuju dengan presentase 32.0 %, dari 32 siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirulloh Syarbini, Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga, (Jogjakarta:AR-RUZZ MEDIA,2016), h. 27-28
Berkowitz, M.W. & Bier, M.C. 2005. What Works IN Characte rEducation: A Research-Driven Guide for Educators, Washington DC: Univesity of Missouri-St Louis.
Bilfaqih, Yusuf. 2015. Esesnsi Pengembangan Pembelajaran Daring.Yogyakarta: Deepublish
Fathurrohman & Wuri Wuryandari. (2011). Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Nuha Litera.
Hidayat, M, Basuki, I. ., & Akbar, S. (2018). Gerakan literasi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 810–817.
I Wayan Eka Santika Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring
Imma Rachayu, Diah Selvian, “Optimalisasi system kelas vitual berbasis google classroom dan hpnoterapi”. JDER Journal Of Dehasen Education Riview, 2020: 1(3), 104-109.
Isman, Mhd. 2016. Pembelajaran Media dalam Jaringan (Moda Jaringan). The Progressive and Fun Education Seminar, 586.
Jamaludin, Dindin dkk. 2020. Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 3
Jumiatoko. (2016). Whatsapp Messenger Dalam Tinjauan Manfaat dan Adab. Wahana Akademika. Vol. 3(1):27
Kalidjernih, FK. (2010). Kamus Studi Kewarganegaraan; Perspektif Sosiologikal dan Politikal. Bandung: Widya Aksara Press.
Lickona, Th., 2004. Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books
Mutia, Intan dan Leonard. 2013. Kajian Penerapan E-learning Dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Faktor Exacta 6 (4). 282
Nathalia Yohana Johannes, Samuel Patra Ritiauw, Hartini Abidin. “IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NEGERI 19” Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan P-ISSN 2252-6676 Volume 8, No. 1, April 2020 AMBON


Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276. Google Scholar
Pangalila, T. (2017). Peningkatan civic disposition siswa melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Manado, 7(1), 91–103.
Pangondian, Roman A. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS). 57
Pusat Kurikulum dan Perbukuan Pedoman pendidikan Karakter, 2011 Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan. Jakarta.
Setiawan, Deny. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Makalah disampaikan pada Seminar Internasional dan Konferensi Internasional Pendidikan Dasar dengan tema “Early- Childhood Education: Active, Creative, Joeyful”. Medan: Universitas Negeri Medan 6- 7 Juli 2012.
Suharno dkk. (2006). PKn di SD. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Suryadi.E,Ginanjar,M. H.,&Priyatna,M.2018.PenggunaanSosialMedia Whatsapp dan Pengaruhnya terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Agama Islam. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 07 (1), 1-22
Syarifudin, Albitar S. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 31-33
Udin S. Winataputra, dkk. (2008). Meteri dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wahyu Aji Fatma Dewi Universitas Kristen Satya Wacana. “DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1 April 2020 Halm 55-61 EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Winarno. (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara.
Winataputra, U. S. (2009). Pembelajaran PKn SD. Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka.
Wiyani, N. A., 2012. Pendidikan Karakter dan Kepramukaan. Yogyakarta: Citra Aji Parama.


Wiyani, N. A., 2012. Pendidikan Karakter dan Kepramukaan. Yogyakarta: Citra Aji Parama.
Yakob Godlif Malatuny, Rahmat. PEMBELAJARAN CIVIC EDUCATION DALAM MENGEMBANGKAN CIVIC DISPOSITION. Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan P-ISSN 2252-6676 Volume 5, No. 1, April 2017
Yurianto, Ahmad, Bambang Wibowo, K. P. (2020). PEDOMAN PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19) (M. I. Listiana Azizah, Adistikah Aqmarina (ed).
Nakayama M, Yamamoto H, & S. R. (2007). The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Elektronic Journal ELearning, Vol.5(3).
Published
2023-11-14