PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 BULA
Abstract
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran learning start with a question. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada SD Negeri 4 Bula Kabupaten Seram Bagian Timur. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes, observasi dan wawancara. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 4 Bula setelah penerapan pembelajaran kooperatif model Learning Start With A Question (LSQ) baik secara individu ataupun klasikal telah mencapai standar ketuntasan minimal yang ditentukan. Temuan pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS yang diperoleh siswa kelas IV SD Negeri 4 Bula dari 0 menjadi 52,5%. Penemuan pada tindakan siklus II menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar ranah kognitif sebesar 35% yakni menjadi 87,5%.
Downloads
Copyright (c) 2023 Insani Rumadai, Ariantje Lesnussa Lesnussa, Elsinora Mahananingtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.