PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI MENGENAL PEMERINTAHAN DESA SISWA KELAS IV SD NEGERI BULA KABUPATEN SERAM BAGIAN TIMUR

  • Waidah Wandoka Program Studi PGSD Universitas Pattimura
  • Samuel. Patra Ritiauw Program Studi PGSD Universitas Pattimura
  • Nathalia Yohana Johanes Program Studi PGSD Universitas Pattimura
Keywords: Pendekatan Pembelajaran CTL, Hasil Belajar PKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada SD Negeri 4 Bula Kabupaten Seram Bagian Timur. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 orang siswa yang terdiri dari 5 laki-laki dan 15 perempuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri Bula Kabupaten Seram Bagian Timur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004, Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muslich, M, 2008. KTSP, Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Konstektual, Jakarta, Bumi Aksara

Sanjaya, Wina (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta, Kencana

Suharsimi, A 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta

Suharsimi, A. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Sanjaya, Wina 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta, Kencana
Published
2023-10-14