PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI MENGENAL PEMERINTAHAN DESA SISWA KELAS IV SD NEGERI BULA KABUPATEN SERAM BAGIAN TIMUR

  • Waidah Wandoka Program Studi PGSD Universitas Pattimura Ambon
  • Samuel Patra Ritiauw Program Studi PGSD Universitas Pattimura Ambon
  • Nathalia Yohana Johannes Program Studi PGSD Universitas Pattimura Ambon
Keywords: Pendekatan Pembelajaran CTL, Hasil Belajar PKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada SD Negeri 4 Bula Kabupaten Seram Bagian Timur. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 orang siswa yang terdiri dari 5 laki-laki dan 15 perempuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri Bula Kabupaten Seram Bagian Timur.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-14