PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI MENGENAL PEMERINTAHAN DESA SISWA KELAS IV SD NEGERI BULA KABUPATEN SERAM BAGIAN TIMUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada SD Negeri 4 Bula Kabupaten Seram Bagian Timur. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 orang siswa yang terdiri dari 5 laki-laki dan 15 perempuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri Bula Kabupaten Seram Bagian Timur.
Downloads
References
Muslich, M, 2008. KTSP, Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Konstektual, Jakarta, Bumi Aksara
Sanjaya, Wina (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta, Kencana
Suharsimi, A 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta
Suharsimi, A. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Sanjaya, Wina 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta, Kencana
Copyright (c) 2022 Waidah Wandoka, Samuel. Patra Ritiauw, Nathalia Yohana Johanes
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.