PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI TOISAPU PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada SD Negeri Toisapu. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 12 orang siswa yang terdiri dari 5 laki-laki dan 7 perempuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran mind mapping sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Negeri Toisapu.
Downloads
References
Gunawan, Imam. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena
Sardjiyo, dkk. 2014. Pendidikan IPS di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
Suharsimi, A. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana.
Windura, Sutanto. (2013). Mind Map untuk Siswa, Guru dan Orang tua. Jakarta: Elex Media Komputindo
Copyright (c) 2022 Imelda Hukubun, Leonid Ritiauw, Nathalia Yohana Johanes
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.