PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI TOISAPU PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM

  • Imelda Hukubun Program Studi PGSD Universitas Pattimura
  • Leonid Ritiauw Program Studi PGSD Universitas Pattimura
  • Nathalia Yohana Johanes Program Studi PGSD Universitas Pattimura
Keywords: Mind Mapping, Hasil Belajar IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada SD Negeri Toisapu. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 12 orang siswa yang terdiri dari 5 laki-laki dan 7 perempuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran mind mapping sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Negeri Toisapu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif Rahman, Masykur. 2011. Pentingnya Disiplin Belajar. Yogyakarta: Remaja Rosdakarya

Gunawan, Imam. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena
Sardjiyo, dkk. 2014. Pendidikan IPS di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Suharsimi, A. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana.

Windura, Sutanto. (2013). Mind Map untuk Siswa, Guru dan Orang tua. Jakarta: Elex Media Komputindo
Published
2023-10-13