Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Anak Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas III SD Negeri 5 Ambon
Abstract
Abstrak:
Media Audio Visual merupakan kombinasi antara media audio dan media visual. Media audio adalah media yang mengandung pesan dalam bentuk auditif (hanya dapat didengar) dan media visual adalah media yang hanya dapat dilihat dengan menggunakan indra penglihatan. Sedangkan media audio visual adalah penggabungan dari keduanya yaitu media visual dengan menggunakan suara. Menulis bisa bermanfaat untuk membantu memecahkan masalah, menghilangkan stress, melatih berfikir tertip dan sebagai alat untuk menyampaikan memori. Pembelajaran menulis dengan mengimplementasikan proses menulis memiliki keunggulan. Cerita anak-anak merupakan cerita yang kmpleks, artinya dibangun oleh struktu yang tidak berbeda dengan cerita orang dewasa, cerita anak yang sederhana itu tetap harus di susun dengan memperhatikan unsur keindahan atau kemenarikan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK adalah penelitian yang dilaksanakan di dalam kelas ketika pembelajaran berlangsung. PTK dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas pembelajaran.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa lebih antusias dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Mereka sangat percaya diri dalam berbicara dan menulis. Secara keseluruhan, penerapan Media Audio Visual terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa, sebagaimana ditunjukan oleh peningkatan prestasi siswa aktif dalam pembelajaran.
Kata kunci : kemampuan menulis cerita anak, media audio visual, PTK, siswa sekolah dasar.
Abstract:
Audiovisual media is a combination of audio and visual media. Audio media refers to media that conveys messages in an auditory form (only heard), while visual media refers to media that can only be seen using the sense of sight. Audiovisual media is the integration of both, where visual elements are accompanied by sound. Writing can be helpful in solving problems, reducing stress, fostering organized thinking, and as a means of expressing memories. Teaching writing through the implementation of the writing process has its own benefits. Children's stories are complex in nature, built upon structures similar to those of adult stories. Even simple children's stories must be crafted with attention to elements of beauty or appeal.The method used in this study is Classroom Action Research (CAR). CAR is conducted in the classroom during the learning process, with the goal of improving or enhancing the quality of teaching.The findings of this study indicate that students are more enthusiastic and actively engaged in the learning process. They demonstrate strong confidence in both speaking and writing. Overall, the use of audiovisual media has proven effective in improving students' writing abilities, as shown by the improvement in active student performance during lessons.
Keywords: children's story writing skills, audiovisual media, CAR, elementary school students.
Downloads
Copyright (c) 2024 Mirja Ginanti Naipon, Sarah Sahetapy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.