Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Anak dengan Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa Kelas III SD Negeri 5 Ambon

  • Mirja Ginanti Naipon Program Studi PGSD Universitas Pattimura Ambon, Indonesia
  • Sarah Sahetapy Program Studi PGSD Universitas Pattimura Ambon, Indonesia
Keywords: Kemampuan Menulis Cerita Anak, Media Audio Visual

Abstract

Media Audio Visual merupakan kombinasi antara media audio dan media visual. Media audio adalah media yang mengandung pesan dalam bentuk auditif (hanya dapat didengar) dan media visual adalah media yang hanya dapat dilihat dengan menggunakan indra penglihatan. Sedangkan media audio visual adalah penggabungan dari keduanya yaitu media visual dengan menggunakan suara. Menulis bisa bermanfaat untuk membantu memecahkan masalah, menghilangkan stress, melatih berfikir tertip dan sebagai alat untuk menyampaikan memori. Pembelajaran menulis dengan mengimplementasikan proses menulis memiliki keunggulan. Cerita anak-anak merupakan cerita yang kmpleks, artinya dibangun oleh struktu yang tidak berbeda dengan cerita orang dewasa, cerita anak yang sederhana itu tetap harus di susun dengan memperhatikan unsur keindahan atau kemenarikan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK adalah penelitian yang dilaksanakan di dalam kelas ketika pembelajaran berlangsung. PTK dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas pembelajaran.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa lebih antusias dan berpartisipasi aktif dalam  pembelajaran. Mereka sangat percaya diri dalam berbicara dan menulis. Secara keseluruhan, penerapan Media Audio Visual terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa, sebagaimana ditunjukan oleh peningkatan prestasi siswa aktif dalam pembelajaran.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-11-07